in ,

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi _*

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi

SALAH satu anugerah terindah yang dimiliki Indonesia adalah keberadaan pulau-pulau dari Sabang sampai Merauke. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki pelbagai keindahan alam yang bahkan kerap kali memukau mata dunia. Tak terkecuali, pulau-pulau kecil. Pulau-pulau itu memiliki daya tarik yang menawan masing-masing.

Pulau Terkecil di Indonesia

Bagaikan zamrud khatulistiwa, pulau-pulau kecil di Indonesia kerap disebut sebagai surga dunia. Berikut ini pulau-pulau kecil yang paling menawan.

BACA JUGA: Mau Wisata ke Turki? Ini 5 Tempat Terbaik untuk Kamu Kunjungi

Pulau Kecil

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 1 Travel
Foto: merdeka

Berlokasi di Kepulauan Karimunjawa, Pulau Kecil memiliki alam bawah laut yang sangat memukau. Berbagai biota laut tersedia di sana, seperti Kepe-kepe, Ikan Badut, Anemon, dan terumbu karang yang tampak cantik.

Sesuai namanya, Pulau Kecil hanya memiliki luas 1.500 hektare saja. Bagi kamu yang gemar snorkeling dan diving, Pulau Kecil adalah tempat yang tak boleh kamu lewatkan.

Kamu akan menemukan sebuah pondok kayu di sana. Ada pohon-pohon cemara dan pohon kelapa yang menjulang tinggi di sekitarnya. Pemandangan itu akan sangat menenangkan pikiranmu kalau kamu melihatnya dari bibir pantai.

Pulau Simping

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 2 Travel
Foto: wikipedia

Di wilayah Singkawang, Kalimantan Barat, ada pulau kecil bernama Simping. Pulau yang sebelumnya disebut sebagai Kelapa Dua ini, sudah diakui oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia karena luasnya hanya 0,5 hektar.

Namun luas sekecil itu sama sekali tidak mengurangi keindahan alam di sana. Selain pemandangan laut dan pantai, Pulau Simping menawarkan pemandangan bukit-bukit yang aduhai.

Pulau ini tidak pernah sepi pengunjung, padahal destinasi tersebut tidak bisa menampung banyak orang. Tentu saja keunikan pulau tersebut terus membuat banyak orang penasaran.

Pulau Pahawang

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 3 Travel
Foto: pinterest

Bagi pecinta traveling, siapa tidak kenal Pulau Pahawang? Terletak di Lampung, pulau dengan luas kurang lebih 1000 hektar ini memiliki hamparan air laut serta pasir putih yang sangat indah. Pulau ini juga memiliki panorama bawah laut dengan aneka warna dan beragam biota laut. Itu sebab Pulau Pahawang disebut sebagai primadona Lampung.

Ada dua pulau di sana, yaitu Pahawang besar dan kecil. Kamu bisa mencapai pulau ini melalui Pelabuhan Ketapang dengan memakan waktu kurang lebih 45-60 menit.

Pulau Samalona

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 4 Travel

Samalona adalah pulau mungil yang berada di dekat Pantai Losari, Makassar. Luasnya hanya 2 hektar.

Menurut, beberapa warga yang tinggal di sekitar sana, pulau ini ternyata mengalami penyusutan dari tahun ke tahun. Terakhir diperiksa, luasnya hanya tersisa sekitar 2 hektar.

Namun, pemandangan bawah laut Pulau Samalona semakin terkenal hingga penjuru dunia. Wajar jika setiap hari selalu ada wisatawan, baik lokal maupun asing, yang datang ke pulau ini.

Di pulau itu juga, tersedia jasa sewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu. Harga sewa alat-alat snorkeling adalah sekitar Rp50 ribu sampai Rp100 ribu, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.

Kalau kalian tidak mau menyelam, itu bukan masalah. Di sana kamu tetap bisa melihat indahnya terumbu karang dari atas air.

Pulau Macan

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 5 Travel
Foto: wikipedia

Nah, kalau kamu warga Jakarta, kamu pasti tahu Kepulauan Seribu. Di sana ada pulau kecil yang juga sangat indah. Namanya Pulau Macan

Pulau ini sudah dirancang sedemikian rupa dengan konsep eco resorts village. Luasnya hanya 0,8 hektar. Setiap hamparan pantai berpasir putih dan perairan jernih di sana dapat kamu nikmati tanpa perlu membuang banyak waktu dan tenaga. Kamu cuma perlu tiga menit untuk mengelilingi pulau ini.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan menyenangkan lainnya seperti berenang, snorkeling, diving, sampai banana boat dan berkayak.

Pulau Peucang

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 6 Travel
Foto: wikipedia

Sebagai bagian dari Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang menawarkan banyak wisata alam. Terletak di Provinsi Banten, kamu bisa mencapainya dengan kapal dari pesisir Taman Nasional Ujung Kulon.

Pantai pasir putih akan langsung memanjakan matamu sesampainya di Pulau Peucang. Kalau kamu trekking, kamu bisa melihat satwa liar banteng di Cidaon dan bahkan kalau beruntung, kamu juga bisa melihat badak bercula satu juga.

Pulau Biawak

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi 7 Travel
Foto: sukagitu

Pulau Biawak atau Pulau Rakit adalah sebuah pulau yang terletak di kepulauan Biawak, Laut Jawa di Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Sebelum dikenal sebagai pulau Biawak, lokasi ini sebetulnya sudah memiliki nama sendiri, yaitu pulau Rakit. Namun, karena pulau ini menjadi habitat satwa biawak yang jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan, masyarakat lebih sering menyebutnya dengan sebutan Pulau Biawak.

Sebagai wisata bahari, tentu kegiatan di sana tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata bahari lainnya seperti snorkeling, main air dan pasir di tepi pantai, atau menikmati sunrise dan sunset. Bedanya, di sana kamu bisa menikmati kegiatan-kegiatan tersebut sambil melihat banyak biawak.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata yang Ramah Anak di tengah Pandemi

Kamu bisa berfoto-foto dengan biawak-biawak itu sambil berkegiatan. Kalau kamu suka trekking, kamu pun bisa menjelajahi hutan mangrove yang ada di sana.

Itulah tujuh pulau kecil paling indah di Indonesia yang paling menawan. Kalau kamu berkunjung ke sana, dijamin kamu akan ketagihan dan ingin kembali lagi! []

7 Pulau Terpencil di Indonesia, Cocok untuk Destinasi Wisata di tengah Pandemi

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *