in ,

7 Sayuran yang Bagus untuk Diet Golongan Darah O _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Pemilik golongan darah O disebut memiliki kemampuan mencerna daging yang lebih baik ketimbang golongan darah lainnya. Namun, bukan berarti golongan darah O mengabaikan konsumsi sayuran dan pangan nabati.

Berdasarkan teori diet golongan darah sebagaimana digaungkan Peter J. D’Adamo, terdapat sejumlah sayuran diet golongan darah O yang memberi manfaat apabila dikonsumsi.

Sayuran berdaun hijau merupakan pilihan terbaik untuk diet golongan darah O. Hal ini karena kandungan vitamin K pada sayuran hijau membantu proses pembekuan darah, merujuk Livestrong.

Sayuran hijau juga mengandung antioksidan unik dan beragam zat nutrisi nabati yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit lainnya.

Sementara itu, pemilik golongan darah O juga disarankan menghindari sayuran yang mengandung lektin karena mengurangi efektivitas insulin serta cenderung menyulitkan pembakaran kalori.

Berikut daftar 7 sayuran yang bagus untuk diet golongan darah O berdasarkan daftar makanan Eat Right for Your Type D’Adamo.

1. Bayam


Ilustrasi SayuranBayam adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: kkolosov/Pixabay)

Menurut D’Adamo, golongan darah O memiliki kadar asam lambung yang lebih tinggi dibandingkan lainnya. Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam bermanfaat untuk mencegah naiknya asam lambung.

Selain itu, bayam juga sangat tinggi vitamin K1 yang membantu proses pembekuan darah Anda sehingga mempercepat pemulihan luka dan mencegah pendarahan.

2. Brokoli


Ilustrasi BrokoliBrokoli adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: Meditations/Pixabay)

Brokoli adalah sumber serat baik yang membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menstabilkan gula darah.

Selain itu, brokoli hampir tidak mengandung lemak yang membuatnya bagus untuk menurunkan berat badan.

3. Sawi hijau


Ilustrasi Mencuci SayuranSawi hijau adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: PublicDomainPictures/Pixabay)

Sawi hijau sangat tinggi vitamin K, vitamin C, dan senyawa lain yang mengandung antioksidan betakaroten dan sifat antikanker. Semuanya itu membantu tubuh menetralkan racun, merujuk Healthline.

Memasukkan sayuran diet golongan darah O ini ke dalam menu makanan harian juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mata, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Rumput laut


ilustrasi rumput lautRumput laut adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: iStockphoto/Fudio)

Rumput laut mengandung konsentrat yodium dan asam amino yang disebut tirosin. Keduanya dibutuhkan untuk mengoptimalkan kerja kelenjar tiroid.

Menurut D’Adamo, orang bergolongan darah O cenderung memiliki kadar hormon tiroid yang rendah, sehingga lebih rentan mengalami hipotiroidisme.

Tiroid sangat bergantung pada yodium untuk menghasilkan hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami gejala seperti kelelahan, pembengkakan leher, hingga kenaikan berat badan.

5. Selada


Ilustrasi SeladaSelada adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: JennyWojcik/Pixabay)

Selada merupakan sayuran rendah kalori serta kaya akan serat dan air yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran hijau seperti bayam dan selada merupakan sumber magnesium yang sangat baik.

Mineral ini penting yang memainkan peran besar dalam proses metabolisme dan produksi energi. Kekurangan magnesium juga bisa menimbulkan gangguan tiroid.

6. Kangkung


Closeup of cah kangkung, kangkong, or water spinach stirred.Kangkung adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: iStockphoto/leodaphne)

Tanaman yang identik sebagai masakan di Asia Tenggara ini mengandung banyak air, zat besi, vitamin C, vitamin A, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Kandungan vitamin dan mineral tersebut membantu tubuh melawan infeksi serta mengisi kembali sel-sel darah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Paprika merah


Ilustrasi paprikaPaprika adalah salah satu sayuran diet golongan darah O. (Foto: Stephanie Herington)

Paprika merupakan sayuran diet golongan darah O yang kaya vitamin dan rendah kalori. Di dalamnya terdapat serat, folat, dan zat besi yang membantu menyeimbangkan kadar hormon tiroid.

Selain itu, vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan potasium yang tinggi meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menjaga kesehatan mata dan kulit.

(fef)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings