8 Keistimewaan dan Keberkahan Ibadah Shubuh

Waktu subuh memiliki keberkahan dan banyak rahasia. Banyak sekali keistimewaan serta keutamaan yang bisa kita dapatkan dengan melaksanakan ibadah-ibadah di waktu Shubuh.

Berikut 8 keistimewaan dan keberkahan yang akan kita dapatkan dari ibadah-ibadah di waktu subuh:

1. Mendapat Cahaya di Hari Kiamat

Jika kita melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid, maka kita akan mendapatkan cahaya di hari Kiamat. Melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid merupakan tanda orang yang beriman. Dalam sebuah hadits dijelaskan,

Dari Buraidah al-Aslami, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Berilah kabar gembira bagi orang yang berjalan ke masjid dalam keadaan gelap bahwasanya kelak ia akan mendapatkan cahaya sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi)

2. Perlindungan Allah

Jika kita melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid, maka kita akan mendapatkan perlindungan Allah sampai malam hari. ketika kita melaksanakan shalat shubuh berjamaah di masjid, kita tidak akan pernah memikirkan masalah. kita akan terjamin dalam lindungan Allah.

Dari Jundab bin Abdullah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang shalat shubuh berjamaah, ia akan berada dalam jaminan Allah.” (HR. Muslim)

3. Pahala Shalat Malam

Jika kita melaksanakan shalat shubuh berjamah, maka kita akan mendapatkan pahala shalat malam dari isya sampai shubuh.

Meskipun kita tidak melaksanakan shalat malam sepanjang malam, kita tidur dari isya sampai shubuh, tapi kita shalat shubuh berjamaah, maka kita akan mendapatkan pahala seperti shalat sepanjang malam.

Dari Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, “Siapa yang shalat Isya berjamaah, seolah-olah ia telah shalat malam selama separuh malam. Dan siapa yang shalat Shubuh berjamaah, seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim)

4. Mendapatkan Surga

Jika kita melaksanakan shalat shubuh berjamaah, maka kita akan mendapatkan balasan surga dari Allah.

Dari Abu Musa Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan shalat ashar), maka ia akan masuk surga.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

5. Pahala Shalat Fajar

Jika kita mengerjakan dua rakaat shalat fajar (shalat sunnah qabliyah shubuh), maka lebih baik dari dunia beserta isinya. Shalat sunnah ini merupakan salah satu ibadah yang sangat dijaga oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia beserta isinya.” (HR. Muslim)

Yang dimaksud dua rakaat fajar adalah setelah adzan dan sebelum shalat. ganjaran yang didapatkan dari ibadah sunnahnya saja sudah luar biasa, apalagi dengan ibadah yang wajib.

6. Didoakan Malaikat

Jika kita bersedekah di waktu shubuh, maka kita akan mendapatkan doa dari malaikat.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits riwayat Imam al-Bukhari dan Muslim, ada 2 malaikat yang turun dan berdoa.

Yang pertama berdoa, Ya Allah, berikanlah ganti dan keberkahan bagi orang yang berinfak.

Kemudian malaikat yang kedua berdoa, Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang pelit.

7. Disaksikan Malaikat

Ketika kita shalat shubuh berjamaah, para malaikat akan menyaksikan shalat shubuh kita. Hal ini dijelaskan dalam QS. al-Israa’: 78

“Sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan oleh malaikat.”

Dengan begitu kita akan merasa ruhani serta batin kita lebih tentram, sejuk, dan nikmat saat kita melaksanakan shalat shubuh berjamaah.

8. Mendapat Rezeki dan Keberkahan

Jika kita melaksanakan ibadah di waktu shubuh, maka kita akan mendapatkan rezeki dan keberkahan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari Shakhr al-Ghamidi, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Allaahumma baarik li ummatii fii bukuurihaa (Ya Allah, berkahilah umatku di pagi hari mereka).” (HR. Abu Dawud)

Keberkahan tidak akan pernah didapatkan oleh orang yang malas. Imam Ibnul Qayyim berkata, “Tidur di waktu subuh akan menghalangi datangnya rezeki. Karena waktu itu adalah waktu turunnya rezeki, adanya pembagian rezeki, dan turunnya keberkahan.

Itulah beberapa rahasia yang luar biasa di waktu shubuh, keistimewaan ibadah di waktu shubuh. Semoga Allah senantiasa memberikan keistiqamahan kepada kita dalam menjalankannya.

Sumber : Dalamislam.com
8 Keistimewaan dan Keberkahan Ibadah Shubuh
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by