in , ,

8 Keistimewaan Malaikat yang Perlu Diketahui _*

Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman dalam Islam sekaligus merupakan salah satu bentuk konsekuensi iman kepada Allah.

Dalam arti, salah satu dari tanda-tanda beriman kepada malaikat yakin dan percaya bahwa hanya Allah-lah yang berkuasa menciptakan beragam jenis makhluk yang berbeda sifatnya dengan manusia.

Karena sifatnya berbeda dengan jin dan manusia, malaikat mempunyai beberapa keistimewaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Diciptakan dari nur atau cahaya

Malaikat diciptakan Allah dari nur atau cahaya dan karenanya malaikat termasuk makhluk ghaib. Hal ini didasarkan atas hadits berikut.

“Malaikat diciptakan dari cahaya, jin dari api yang berkobar, dan Adam (manusia) dari tanah sebagaimana telah dijelaskan kepadamu.” (HR. Ahmad, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah, dari Aisyah r.a)

2. Selalu mematuhi dan menaati perintah Allah

Malaikat merupakan makhluk yang hanya berfungsi untuk selalu mematuhi dan menaati perintah Allah. Dalam surat At-Tahriim ayat 6 Allah berfirman,

“ … Mereka (malaikat) tidak dapat durhaka kepada Allah dalam hal apa saja yang Ia perintahkan kepada mereka, dan mereka mengerjakan apa saja yang diperintahkan kepada mereka.” (QS. At-Tahriim : 6)

3. Tidak pernah mendurhakai Allah

Dalam surat Al-Kahfi ayat 50 Allah berfirman,

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat : “Sujudlah kamu kepada Adam”, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya.” (QS. Al-Kahfi : 50)

4. Utusan Allah yang memiliki tugas tertentu

Malaikat diciptakan Allah sebagai utusan-utusan-Nya dan masing-masing memiliki tugas tertentu. Dalam surat Faathir ayat 1 Allah berfirman,

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Faathir : 1).

5. Selalu bertasbih kepada Allah

Malaikat merupakan makhluk yang tidak lelah bertasbih kepada Allah. Dalam surat Fushshilat ayat 38 Allah berfirman,

“… Maka mereka (malaikat) yang di sisi Tuhanmu bertasbih kepada-Nya di malam dan siang hari, sedang mereka tidak jemu-jemu.” (QS. Fushshilat : 38)

6. Merupakan makhluk yang berakhlak mulia dan luhur

Malaikat adalah makhluk yang berakhlak mulia dan luhur. Allah berfirman dalam surat A’basa ayat 15-16 sebagai berikut.

“Di tangan para penulis (malaikat), yang mulia lagi berbakti.” (QS. A’basa : 15-16).

7. Tidak sombong dan tidak letih

Malaikat adalah makhluk yang tidak memiliki rasa sombong dan tidak pernah merasa letih dalam menjalankan perintah dan beribadah kepada Allah. Dalam surat Al Anbiya’ ayat 19-20 Allah berfirman,

“Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih. Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang.” (QS. Al Anbiya’ : 19-20)

8. Bertabiat pemalu

Malaikat bertabiat pemalu. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Tidakkah aku (juga) merasa malu dari seseorang yang para malaikat malu padanya.” (HR. Muslim)

Dari pembahasan di atas disimpulkan bahwa malaikat memiliki beberapa keistimewaan antara lain diciptakan dari nur atau cahaya, selalu mematuhi dan menaati perintah Allah dan tidak pernah mendurhakai Allah.

Keistimewaan malaikat lainnya adalah merupakan utusan Allah yang memiliki tugas tertentu, selalu bertasbih kepada Allah, merupakan makhluk yang berakhlak mulia dan luhur.

Selain itu, malaikat juga memiliki keistimewaan lain seperti tidak sombong dan tidak pernah merasa letih dalam menjalankan perintah dan beribadah kepada Allah, dan bertabiat pemalu.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *