8 Masjid Terunik di Dunia yang Perlu diketahui _* EY5

Islam selain dikenal dengan ajaran rahmatan lil alamin mempunyai tempat peribadatan yang dinamakan masjid. Masjid sudah sejak zaman Nabi Muhammad dikenal sebagai pusat kegiatan atau sebagai denyut jantung kota. Namun modern ini fungsi masjid sedikit bergeser dari sebagai denyut jantung kota menjadi sebuah tempat untuk melaksanakan kegiatan ibadah seperti shalat, i’tikaf, dan kegiatan beragama lainnya.

Walaupun begitu masjid tidak kehilangan fungsi utamanya dan betapa pentingnya masjid bagi umat Islam. Banyak yang dibangun untuk menunjukkan warisan dan kejayaan Islam melalui desain dan arsitekturnya. Kubah, menara, dan ruang sholat adalah beberapa kesamaan yang menonjol di banyak masjid di seluruh dunia tetapi tergantung pada lokasinya, masing-masing akan memiliki identitas uniknya sendiri. 

Dan berikut ini masjid-masjid unik yang ada di seluruh dunia.

1. Masjidil Haram

Masjidil Haram

Siapa yang tak kenal dengan masjid ini? Seluruh umat Islam dunia pasti mengenal dan ingin mengunjungi masjid pusat kiblat di dunia ini. Seperti yang diketahui, didalam masjid ini ada Ka’bah yang sangat diagungkan kesuciannya.

Di Masjidil Haram juga sering digunakan sebagai tempat untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Ini juga merupakan masjid terbesar di dunia dan mampu menampung hingga 1,5 juta jamaah setiap saat sepanjang tahun. Jumlah ini akan terus meningkat secara signifikan selama musim haji.  

2. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi

Selain Masjidil Haram yang selalu ingin dikunjungi oleh umat Islam di dunia, masjid Nabawi juga tidak ketinggalan menarik minat semua Muslim untuk dikunjungi. Karena sejarahnya, banyak Muslim yang tertarik dan ingin mengetahui jejak Rasul di tanah Madinah tersebut.

Masjid terbesar kedua ini mampu menampung jemaah sebanyak kurang lebih 1 juta jamaah. Selain berfungsi sebagai tempat beribadah, di Masjid ini juga dapat ditemukan makam Baginda Rasullullah Shallahu alaihi wa Salam.

3. Masjid Sheikh

Masjid Sheikh

Masjid Sheikh Lotfollah di Iran merupakan sebuah mahakarya arsitektur Islam Persia. Konon, masjid ini dibangun untuk digunakan oleh para Hareem atau wanita istana yang ingin ke masjid dan aman dari pandangan bukan Mahramnya.

Hal ini pula yang membuat masjid ini tidak mempunyai lapangan dan menara yang biasa digunakan sebagai panggilan untuk shalat ke masyarakat luas. Nama masjid ini diambil dari nama ayah mertua Shah Abbas, Sheikh Lutfallah ilmuwan islam yang dihormati dan meninggal pada 1622.

Keunikan lain dari masjid ini adalah perbedaan arah ibadah dan pintu masuk utama. Oleh karena itu, arsitek merancang koridor berbentuk L yang menghubungkan pintu masuk kiblat.

Kubah dengan tinggi 32 meter dan diameter 12 meter ini tidak berada pada sumbu yang sama dengan pintu masuk utama masjid. Dari kejauhan, kubah dan pintu masuk masjid tampak tidak sejajar, dan bagian dalam masjid Syekh Lotfollah dilapisi ubin asimetris yang sengaja dibuat, melambangkan ketidaksempurnaan arsitektur manusia terhadap ciptaan Tuhan.

Ubin biru bulat menguraikan sudut-sudut kubah. Kubah juga dihiasi dengan ubin krem ​​​​yang berubah menjadi merah muda di siang hari. Diperkirakan waktu terbaik untuk menyaksikan perubahan warna ini adalah saat matahari terbenam.

4. Masjid Hazrat Sultan

Masjid Hazrat Sultan

Masjid Hazrat Sultan adalah salah satu masjid terbesar di Asia Tengah, dibangun dengan gaya Islam klasik dengan ornamen tradisional Kazakh. Masjid ini juga memiliki kubah terbesar di Kazakhstan dengan empat menara dengan masing-masing ketinggian mencapai 77 meter.

Ketinggian masjid 40 m juga melambangkan waktu ketika Nabi Muhammad (SAW) menerima wahyu, sedangkan menara panjang 63 m melambangkan waktu kematiannya. Masjid Hazrat Sultan terletak di tepi Sungai Yesil yang memisahkan Astana.

Secara keseluruhan, masjid ini didominasi oleh orang kulit putih. Dilihat dari atas, kompleks Masjid Hazrat Sultan memiliki beberapa tingkat yang mengarah ke bangunan utama. Masjid ini dibangun untuk menghormati Khoja Ahmed Yasawi, seorang ulama Sufi Kazakh abad ke-12 yang bangga.

Selain sebagai seorang Muslim yang taat, ia juga seorang penyair. Karyanya yang paling terkenal termasuk puisi Divan-i Hikmet.

5. Masjid Shah Faisal

Masjid Shah Faisal

Bangunan masjid ini dibangun oleh Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi sebagai hadiah untuk rakyat Pakistan. Masjid ini dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay, yang memenangkan kompetisi desain internasional, dan selesai pada tahun 1986. Dari atas, masjid tampak seperti tenda dengan empat pintu.

Dirancang dan dibentuk berdasarkan tenda Badui gurun, masjid ini berfungsi sebagai masjid nasional Pakistan dengan arsitektur Islam modern di garis depan.

6. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien

Masjid unik selanjutnya datang dari Brunei Darussalam. Terletak di Bandar Sri Begawan, ibu kota Brunei Darussalam, masjid ini secara luas dianggap sebagai salah satu masjid terindah di Asia Tenggara. Selain tempat ibadah, masjid ini juga merupakan situs sejarah utama dan objek wisata yang terkenal. 

Pengunjung pasti tidak ingin melewatkan struktur ini karena bentuk dari bangunan yang mendominasi cakrawala dengan salah satu menaranya menjadi bangunan tertinggi di Bandar Sri Begawan. Hal yang disebabkan karena Sultan memerintahkan agar lantai atas bangunan di dekatnya disingkirkan, agar tidak melebihi ketinggian menara. 

Keunikan lainnya adalah masjid ini dibangun di atas laguna atau kolam buatan di tepi sungai Brunei di Kampong Ayer, “kampung yang terletak di atas air”. Sementara itu, sebuah jembatan membentang di tengah laguna menuju Kampong Ayer di tengah sungai. Sebuah jembatan marmer lainnya menuju ke bangunan yang merupakan replika Perahu Mahligai Kerajaan milik Sultan Bolkiah yang memerintah pada abad ke-16.

7. Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed

Masjid terbesar di kota ini dinamai mendiang Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, presiden pertama Uni Emirat Arab (UEA). Arsitektur dan desain bangunan yang unik dibuat berdasarkan visi Sheikh

Visi beliau adalah bahwa masjid akan berada 11 meter di atas permukaan laut dan 9,5 meter di atas tanah, sehingga bangunan dapat terlihat jelas dari segala arah. Dikutip dari laman Abudhabi.ae, Masjid Agung Sheikh Zayed dibangun sebagai monumen pemantapan budaya Islam dan pusat utama kajian ilmu keislaman.

Sesuai keinginannya, masjid ini juga menjadi tempat peristirahatan terakhirnya ketika meninggal pada tahun 2004. Selama pembangunan masjid, Sheikh Zayed meminta agar masjid dibangun di tengah masjid, di kota Abu Dhabi, antara Jembatan Musaffah dan Jembatan Maqta.

Masjid ini memiliki 82 kubah, lebih dari 1.000 kolom, lampu gantung berlapis emas 24 karat, dan karpet rajutan tangan terbesar di dunia. Itu mampu   menampung 41.000 jamaah dan merupakan salah satu dari sedikit masjid di wilayah yang juga terbuka untuk non-Muslim.

8. Masjid Hassan II

Masjid Hassan II

Arsitektur luar biasa ini dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-60 mendiang Raja Maroko, Hasan II. Bersama dengan menara setinggi 210 m, masjid ini menjulang di atas lautan dengan penuh keindahan visual dan didapuk sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. 

Masjid Hassan II memiliki lantai berpemanas, atap yang dapat dibuka, bagian dari lantai kaca dan juga lampu laser di atas menaranya, yang menunjuk ke Mekah setiap malam. Masjid ini mulai dibangun ketika Raja Hassan II menyatakan keinginannya agar kota itu “diberkahi dengan sebuah bangunan besar dan bagus yang dapat dibanggakan sampai akhir zaman” pada hari ulang tahunnya, karena fakta bahwa Casablanca tidak memiliki monumen bersejarah apa pun.

Tiga belas tahun kemudian, ia meresmikan Masjid Hassan II yang dibangun di atas singkapan berbatu di tanah reklamasi, kawasan kumuh dekat laut, namun kemudian kawasan yang kumuh itu disulap menjadi indah dan berkelas.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam