8 Ucapan Menyembuhkan Saat Bertemu Penderita Depresi _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Masalah kesehatan mental, termasuk depresi, bisa dialami siapa saja. Bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health 2021, penting untuk mengetahui gejala depresi serta berhadapan dengan orang yang mengalami depresi.

Bagaimana menghadapi orang yang berjuang dengan depresi?

Bukan hal yang mudah menghadapi seseorang yang mengalami depresi. Salah kata bisa memperparah episode yang mereka alami.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, statistik pada 2017 menunjukkan sekitar 17,3 juta orang dewasa (7,1 persen dari populasi) dan 1,9 juta anak berusia 3-17 tahun mengalami depresi setiap tahun di Amerika Serikat.

Bagi sebagian orang, gejala depresi bisa ringan. Namun bagi yang lain, kondisi ini bisa sangat melelahkan bahkan merasa sulit untuk bangun dari tempat tidur.

Meskipun tidak ada kata ajaib yang akan menyembuhkan depresi, tapi menghibur dan mendukung dapat membantu seseorang mengelola gejalanya.

Apa yang harus dikatakan kepada seseorang dengan depresi?

Berikut delapan kalimat penolong yang dapat Anda sampaikan pada orang yang sedang berjuang dengan depresi.

Hal terpenting yang dapat ditawarkan adalah dukungan dan dorongan yang penuh kasih. Tanpa memaksa atau menekan, mengajukan pertanyaan tentang perasaan mereka dapat memberi mereka ruang penting untuk berbicara.

Penelitian pada 2016 lalu menemukan, orang yang berbagi pemikiran tentang bunuh diri dengan orang yang dicintai mengalami rasa memiliki yang lebih besar dan merasa tidak terlalu terbebani.

Berikut ucapan yang dapat dikatakan kepada mereka yang mengalami depresi:

1. “Apakah kamu membutuhkan waktu untuk sendiri?”

Tidak semua orang merasa ingin berbicara sepanjang waktu dan sangat penting untuk menghargainya serta memberi ruang sendiri.

2. “Kamu penting bagiku.”

Depresi menyebabkan perasaan malu dan putus asa. Ingatkan orang itu bahwa mereka penting bagi Anda dan bukan beban.

3. “Yang kamu rasakan berarti.”

Dorong orang tersebut untuk menyuarakan emosinya. Jangan meremehkan atau mengejek perasaan yang ia alami.

4. “Apakah kamu ingin ditemani?”

Yakinkan orang tersebut bahwa mereka tidak harus sendirian ketika mereka merasa sedih.

5. “Aku peduli, bahkan jika aku tidak mengerti.”

Beberapa orang dengan depresi mungkin merasa seolah-olah orang lain tidak memahami pengalaman mereka. Daripada berpura-pura mengerti, tawarkan kasih sayang dan kepastian yang penuh kasih.

Saat terjadi percakapan, usahakan agar tetap mengalir dan tidak konfrontatif. Dorong orang tersebut untuk terus berbicara. Tanyakan kepada orang tersebut apakah mereka punya rencana.

6. “Bagaimana cara terbaik untuk mendukungmu?”

Setiap orang berbeda. Meskipun beberapa orang mungkin tidak tahu apa yang mereka butuhkan, yang lain akan memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang dapat membantu atau memperburuk keadaan.

7. “Saya akan membantu Anda.”

Jika Anda dapat membantu, beri tahu orang itu apa yang ingin Anda lakukan.

Tawarkan untuk pergi bersama ke terapi atau profesional. Dukungan ini dapat mendorong orang-orang yang tidak yakin untuk mencari bantuan profesional.

8. “Aku mencintaimu.”

Terkadang, pernyataan paling sederhana adalah yang terbaik. Hanya mengekspresikan cinta Anda bisa menjadi isyarat yang mendukung.

Jika Anda berpikir bahwa orang yang Anda cintai mungkin mengalami depresi, jangan menghindar dari topik tersebut.


Disclaimer kesehatan mental(CNN Indonesia/Fajrian)

(tst/agn)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?