9 Manfaat Sensus Ekonomi _*

Sensus ekonomi merupakan pendataan secara menyeluruh terhadap usaha non pertanian, pendataan ini dilakukan oleh pihak pemerintah untuk mengetahui seberapa besar perkembangan usaha kecil maupun besar. Meskipun pendataan dilakukan oleh petugas dari pemerintah, namun data perusahaan dan usaha akan selalu aman dan di lindungi oleh undang-undang. Pendataan yang dilakukan oleh petugas dengan mekanisme, petugas yang akan mendatangi perusahaan atau tempat usaha dan juga pendataan ini tidak ada pungutan biaya apapun termasuk biaya petugas dan lain-lainnya.

Dari pernyataan tersebut terdapat beberapa manfaat yang didapatkan baik itu bagi pelaku usaha sampai masyarakat sekitar, dari sensus ini pun akan terasa oleh semua rakyat indonesia. Manfaat sensus ekonomi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui peluang

Dengan adanya data sensus ekonomi ini, bagi pelaku usaha mendapatkan manfaat berupa informasi mengenai peluang produknya di pasaran. Sehingga akan ada gambaran bagaimana produknya agar dapat laku di pasaran, mengetahui seberapa peluang tersebut jika kita melakukan produksi suatu produk agar laku di pasaran. Dari data tersebut akan memberikan pelajaran bagi pelaku usaha mengenai naik turun produk dirinya di pasaran, dan jika ada lonjakan pun tidak akan terlalu begitu besar dan masih bisa diatasi dengan berbagai hal. Serta dapat mengetahui pula permintaan pasar terhadap produk kita yang akan dijual di pasaran.

baca juga : Manfaat bisnis sendiri

  1. Mengetahui daya saing

Pendataan ini pula memberikan manfaat bagi pelaku usaha yang memproduksi suatu produk, mengenai produk yang dijual pasaran sangat lah banyak dan bahkan satu produk pun akan ada banyak produsen yang memproduksi produk tersebut. Untuk mengetahui daya saing dapat kita dapatkan dari data yang dilakukan oleh pemerintah mengenai usaha kecil maupun usaha besar. Dengan mengetahui seberapa besar daya saing kita terhdapa proudk yang dijual dipasaran, setidaknya kita melakukan beberapa strategi agar menghasilkan produk yang sama atau bahkan melahirkan inovasi dari produk yang sama namun ada pembeda dari produsen yang lainnya. agar keduanya mendapatkan keuntungan yang sama, namun tidak dianjurkan dengan adanya plagiarisme dalam persaingan ekonomi ini, karena akan merugikan salah satu pihak.

baca juga : Manfaat ekspor dan impor

  1. Menjadikan landasan perencanaan

Data sensus ekonomi memiliki manfaat untuk dijadikan sebagai landasan dalam perencanaan bagi perkembangan ekonomi kedepannya, hal ini bermanfaat bagi pemerintah. Dengan adanya data sensus ekonomi seperti ini, pemerintah mendapatkan gambaran untuk melakukan pembangunan dalam sektor ekonomi dengan berbagai strategi perencanaan pembangun dalam bidang ini. Sehingga hal ini membantu dalam pembangunan bangsa dalam sektor ekonomi, namun tak lepas pula dari peran pelaku usaha dan masyarakat untuk membangun ke arah yang lebih maju dalam bidang ekonomi.

baca juga: Manfaat perdagangan internasional

  1. Menjadikan landasan dalam pengambilan kebijakan

Jika terdapat data yang melanggar dengan undang-undang yang telah ditetapkan maka pemerintah akan menjatuhkan hukuman bagi pelaku usaha tersebut, dengan adanya data ini maka pihak pemerintah mengetahui apakah ada perusahaan yang ilegal di mata pemerintahan atau tidak. atau bahkan dengan adanya data dari hasil sensus ini akan mengetahui produk apa yang dijual di pasaran apakah halal atau tidak. Maka dari itu pemerintah memiliki hak untuk memberikan kebijakan terhadap usaha tersebut sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan, jika melanggar maka akan diberikan hukuman.

baca juga : Manfaat otonomi daerah

  1. Menjadikan landasan dalam pengembangan usaha

Adanya sensus ekonomi ini mampu dijadikan landasan dalam pengembangan usaha, dengan adanya data sensus ekonomi para pelaku usaha mendapat informasi mengenai peluang produknya di pasaran bagaimana permintaan konsumen di pasaran. Mengetahui bagaimana naik turun produk kita respon konsumen, apakah naik atau turun. Jika turun pun kita harus menyiapkan strategi yang harus digunakan dalam usaha kita agar usaha yang kita tekuni dapat berkembang dengan baik, jika ada lonjakan pun dapat diatasi. Serta kita bisa mengetahu daya saing kita, sehingga kita harus pintar menyusun strategi agar usaha dapat berkembang dengan baik.

baca juga:

  1. Menjadikan landasan dalam evaluasi ekonomi

Data sensus ekonomi ini memiliki manfaat yang cukup besar pula dalam pembangunan di sektor ekonomi, dengan adanya evaluasi pada setiap program yang telah dilaksanakan akan menjadikan cermin pada saat proses pembangunan di sektor ekonomi. Evalusi yang dilakukan bukan hanya oleh pengusaha besar namun perlu pula dilakukan oleh pengsaha kecil, agar terjadi pengembangan dalam usaha yang ditekuninya. Dengan adanya evalusi maka akan menjadi pandangan untuk pengembangan di selanjutnya, bahwa usaha saat ini terdapat kekurangan dan kesalahan maka untuk kedepannya harus ada perbaikan dan penambahan agar pengembangan usaha dapat berkembang lebih baik lagi.

baca juga:

  1. Menjadi bahan penelitian ilmiah

Bagi para peneliti dan akademisi, data dari hasil sensus ekonomi ini dapat dijadikan suatu bahan dalam penelitiannya. Sehingga untuk meneliti perkembangan ekonomi di suatu daerah misalnya akan lebih mudah di teliti, karena untuk data pengusaha kecil maupun pengusaha besar telah didapatkan. Maka dari itu data hasil sensus di sektor ekonomi dapat dijadikan suatu bahan penelitian, dalam penelitiannya pun berbeda-beda. Bisa yang diteliti itu adalah perkembangannya atau pun yang lainnya. dari hasil penelitian itu maka akan di hasilkan suatu penemuan yang nantinya dapat diterapkan dalam perekonomian Indonesia, maka perkembangan ekonomi Indonesia dapat dikembangkan lagi kearah kemajuan dengan berdasarkan hasil penemuan para peneliti yang meneliti di bidan ekonomi.

baca juga : Manfaat Riset Pemasaran

  1. Menjadi bahan dalam pengamatan di bidang ekonomi

Dari hasil penemuan penelitian maka akan ditemukan sesuatu yang mampu memberikan perkembangan bangsa Indonesia, setelah itu maka akan diamati apa yang menjadi berkembang dan apa yang membuat suatu negara tersebut memiliki ekonomi yang rendah. Hal yang diamati pun dapat berasal dari hasil data sensus ekonomi, dari data tersebut bisa diamati laju perkembangannya selama proses pengamatan. Dilihat faktor apa saja yang membuat perkembangan dalam ekonomi itu dapat maju, maka dengan adanya data dari hasil sensus ekonomi tersebut para peneliti dan akademisi mampu mengamati perekonomian yang ada di Indonesia.

baca juga : Manfaat Penelitian

  1. Data perusahaan di lindung oleh undang-undang

Ketika data telah disensus oleh petugas dari pemerintahan, maka data akan disimpan di pemerintah untuk dilihat perkembangannya lalu apakah perusahaan tersebut masuk kedalam ketentuan dari undang-undang yang telah menjelaskan mengenai perdagangan. Jadi jika data perusahan sudah di sensus maka data perusahaan yang kita miliki memiliki hak untuk di lindungi oleh undang-undang perdagangan.

baca juga : Manfaat memiliki NPWP

Berikut merupakan beberapa manfaat sensus ekonomi baik itu manfaat yang dirasakan oleh pelaku usaha atau bahkan sampai masyarakat sekitarnya, semoga bermanfaat.

Sumber : manfaat.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin