Alasan Al-Quran Terjaga Keasliannya yang Perlu diketahui _* DQ7

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang merupakan firman-firman Allah SWT.

Berkat Al-Qur’an manusia dapat mengembangkan ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu biologi, kimia, fisika, astronomi dan lain-lain.

Banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa Al-Quran terjaga keasliannya? Berikut ini adalah alasan dari pertanyaan tersebut.

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (Q.S. Al-Hijr: 9).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa Dia-lah yang menurunkan Al-Qur’an dan memeliharanya dari penambahan, pengurangan, maupun pengubahan.

Selain alasan diatas, berikut ini adalah faktor pendukung mengapa Al-Qur’an tetap terjaga keasliannya.

  • Banyak penghafal Al-Qur’an tersebar di seluruh dunia yang dengan sendirinya mereka menjadi penjaga keaslian Al-Qur’an. Setiap kejanggalan dan perubahan yang terjadi, pasti diketahui oleh mereka.
  • Umat Islam selalu menjaga keaslian Al-Qur’an dengan berbagai cara. Bacaan Al-Qur’an dijaga dengan kaidah-kaidah pembacaan (qira’ah) dan terikat dalam aturan ilmu tajwid.
  • Umat Islam juga masih mempelajari kaligrafi (tulisan Arab/Al-Qur’an) bahkan mereka sering berlomba menulis kaligrafi dengan sebaik-baiknya.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam