Alasan Mengapa Video Bakal Jadi Amunisi Konten Marketing Masa Depan _*

Jakarta

Sebuah konten yang dipublikasikan perusahaan dibuat untuk menarik atensi dan minat konsumen memakai produk atau jasanya. Salah satunya lewat konten video yang disebut sebagai andalan untuk marketing di masa depan.

Konten video memang memiliki berbagai kelebihan, mulai dari gambar yang lebih interaktif hingga visual yang lebih hidup. Dilansir dari Forbes, 90% pelanggan atau konsumen juga mengatakan konten video membuat keputusan mereka membeli sebuah barang menjadi lebih mudah.

Tak hanya itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa video bakal menjadi amunisi marketing bagi perusahaan di masa depan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya dilansir dari wibbitz.

Video Memanusiakan Brand

Konten tertulis disebut tidak akan pernah menghubungkan orang sebanyak seperti konten visual. Inilah yang membuat YouTuber sebagai pekerjaan masa kini. Popularitas YouTube meroket karena orang mulai menyadari konten informatif membantu menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan penontonnya.

Maka daripada itu, wajar saja perusahaan mulai menggunakan strategi yang sama dengan tujuan memanusiakan brand atau produk dan menjalin hubungan dengan audiensi lewat konten video. Ketika konsumen sudah terpicu secara emosional, mereka cenderung melakukan pembelian.

Meningkatkan Konversi Situs

Konten visual video untuk meningkatkan konversi brand perusahaan bukanlah mitos. Menurut sebuah statistik, menyematkan video di laman web sebuah brand dapat meningkatkan konversi hingga 80%.

Sebagai contoh, menambahkan video di sebuah website akan memperpanjang waktu yang dihabiskan pengunjung di situs web sebuah brand. Setelah minat mereka terpancing dengan konten hiburan yang dibuat, mereka juga cenderung termotivasi untuk menelusuri situs brand lebih dalam.

Lebih Mudah Dicerna

Memang konten artikel memberikan informasi yang lebih mendalam dan juga lebih jelas ketika ditulis dengan baik. Walau begitu, banyak yang menyajikan poin-poin penting dari artikel dalam bentuk video agar informasi yang diberi lebih mudah dicerna.

Seperti yang dilakukan oleh Panasonic, mereka menyediakan sebuah artikel yang informatif dan ditulis dengan baik sembari menambahkan video pendek yang merangkum poin-poin penting. Jadi walau sebuah artikel memberikan solusi mendalam, video menonjolkan dan menyoroti poin-poin utama.

Video Lebih Mudah Dibagikan

Apa sih tujuan utama dalam membuat sebuah konten video? Pastinya ingin sebuah merek menjadi top of mind atau lebih dikenal masyarakat. Kabar baiknya, sebuah statistik mengklaim video dibagikan 12 kali lebih banyak daripada konten teks dan gambar.

Karenanya beberapa brand mulai membuat video yang dipersonalisasi dengan jenis-jenis konten visual yang menyenangkan bagi pengguna. Salah satunya adalah video ‘how to’, yang dapat menyorot manfaat dari produk atau tutorial praktis tentang cara menggunakan produk tersebut.

Bisa juga membuat sebuah video yang memancing siapapun untuk tertawa. Jika sebuah brand berhasil mewujudkannya, audiens akan dengan senang hati membagikan konten tersebut ke media sosial mereka.

Konten Lebih Berkesan

Konten visual lebih mudah untuk diingat, sebab video dapat membantu audiens dalam memahami pesan ketika mereka dapat melihat sekaligus mendengar cerita yang disajikan. Karenanya, semua tim yang disempurnakan dengan visual akan lebih mudah diingat.

Cobalah untuk menggunakan warna atau klip yang berani menyentuh emosi audiens. Buat video yang punya efek kuat serta memberikan sesuatu untuk dipikirkan. Kemungkinan mereka akan tetap mengingat konten yang dibuat tersebut di masa mendatang.

Dari penjelasan di atas, sudah jelas bukan mengapa video bisa dikatakan sebagai amunisi untuk konten marketing di masa depan. Selain lebih mudah untuk dibagikan, konten-konten dalam bentuk video juga lebih berkesan dan mudah diingat.

Oleh karena itu, mulailah membuat perencanaan strategi konten video untuk menyebarkan informasi soal produk perusahaan kepada konsumen. Tapi yang perlu dicatat, dalam penyampaian konten diperlukan sistem yang mampu untuk mempercepat penyampaian pesan kepada konsumen.

Untuk itu, sebuah perusahaan membutuhkan sistem cloud yang dapat mendukung penyampaian konten ke konsumen lebih cepat dan lugas. Salah satunya menggunakan Huawei Cloud Content Delivery Network.

Layanan Content Delivery Network dapat membantu bisnis menyampaikan konten video teroptimalisasi dengan baik, sehingga end user atau pelanggan dapat dengan cepat menerima konten.

Dengan Huawei Cloud Content Delivery Network, akselerasi situs web juga akan semakin cepat, serta mampu menyediakan layanan akselerasi nasional untuk konten statis yang tersedia dalam nama domain yang telah ditentukan sebelumnya.

Selain itu, Huawei Cloud CDN juga memungkinkan konfigurasi cepat, akselerasi aman, konfigurasi HTTPS dan validasi URL perujuk memiliki keamanan yang tinggi, serta konfigurasi cache yang fleksibel

Huawei Cloud CDN juga dapat mempercepat layanan media sesuai permintaan seperti e-learning, berbagi video, program TV, dan aplikasi musik.

Untuk tahu lebih lanjut mengenai Huawei Cloud dan teknologi-teknologi yang dimiliki Huawei Cloud, silahkan klik di sini.


(ega/ega)

Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?