Amalan Ketika Berbuka Puasa Beserta Dalilnya

Di bulan Ramadhan, waktu yang paling ditunggu adalah waktu buka puasa yakni ketika siang beranjak pergi dan matahari mulai terbenam dan malam mulai datang. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 187,

“ … Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam…” (QS. Al-Baqarah : 187)

Dari Umar bin Khaththab, Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila malam telah datang dan siang beranjak pergi serta matahri telah terbenam maka orang yang berpuasa telah waktunya berbuka.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Agar ketika waktu berbuka puasa kita memperoleh kebaikan, ada beberapa amalan yang dapat dilakukan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Segera berbuka

Segera berbuka puasa ketika kita telah benar-benar yakin bahwa waktu berbuka puasa telah tiba adalah salah satu sunnah saat berbuka puasa.

Dengan menyegerakan berbuka puasa, manusia senantiasa berada dalam kebaikan dan agama Islam akan tetap nampak.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Terus menerus agama ini akan nampak sepanjang manusia masih mempercepat berbuka puasa karena orang-orang Yahudi dan Nashara mengakhirnya.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan lain-lain)

2. Berdoa ketika berbuka puasa

Salah satu keutamaan saat berbuka puasa adalah berdoa ketika berbuka puasa.

Ketika berbuka puasa, disunnahkan membaca doa berbuka puasa berdasarkan hadits shahih berikut.

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

“Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (HR. Abu Daud dan selainnya, shahih).

3. Berbuka sebelum shalat Maghrib

Suatu riawayat menyebutkan bahwa biasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berbuka puasa sebelum shalat Maghrib dengan kurma kuning yang hampir matang atau ruthab.

Jika tidak ada ruthab, beliau berbuka dengan kurma matang dan jika tidak ada maka beliau berbuka puasa dengan beberapa teguk air.

Dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Adalah Rasulullah shallallhu ‘alaihi wasallam berbuka dengan beberapa biji ruthab sebelum shalat, apabila tidak ada ruthab maka dengan beberapa kurma, dan kalau tidak ada kurma maka dengan beberapa teguk air.” (HR. Abu Daud)

4. Disunnahkan memperbanyak doa dan dzikir

Waktu berbuka puasa adalah salah satu waktu terkabulnya doa di bulan Ramadhan. Karena itu, disunnahkan memperbanyak doa dan dzikir ketika berbuka puasa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak : (1) pemimpin yang adil, (2) orang berpuasa ketika dia berbuka, dan (3) orang yang terzalimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

5. Membelikan atau memberikan makanan bagi yang berpuasa

Membelikan atau memberikan bagi mereka yang berpuasa merupakan salah satu adab puasa Ramadhan sekaligus amalan yang mulia.  Siapapun yang menjalankannya akan mendapatkan pahala yang besar.

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhany radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Siapa yang memberikan makanan buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti pahala orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa sedikitpun.” (HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lain-lain)

Itulah beberapa amalan ketika berbuka puasa yang dapat dilakukan. Semoga dengan menjalani amalan ini sesuai dalil dapat meningkatkan ketaatan kita kepada Allah dan berpahala.

Sumber : Dalamislam.com
Wanita Muslimah Menurut Islam
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by