Amerika Kalah Telak dari China _*

VIVA – China akan mendominasi dunia melalui kemajuannya dalam teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Sementara Amerika Serikat (AS) kehilangan kesempatan untuk mencegah dan mengejarnya. Hal itu diungkapkan oleh mantan Kepala Perangkat Lunak Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Nicolas Chaillan.

“Kami tidak memiliki peluang bertarung dan bersaing sama China dalam 15 hingga 20 tahun ke depan. (Amerika) sudah berakhir menurut saya,” kata pria yang baru mengundurkan diri pada bulan lalu dari Pentagon, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Russia Today, Selasa, 12 Oktober 2021.

Chaillan, kepala perangkat lunak untuk Pentagon dan Angkatan Udara AS untuk meningkatkan keamanan siber selama tiga tahun terakhir, mengumumkan pengunduran dirinya pada September kemarin sebagai bentuk protes terhadap lambatnya kemajuan teknologi Angkatan Bersenjata Amerika Serikat.

“Apakah diperlukan perang atau tidak, itu semacam anekdot. Tetapi China yang telah memprioritaskan AI, pembelajaran mesin, dan kemampuan dunia maya. Mereka sudah berada di jalur dominasi dan kendali global atas segala sesuatu. Mulai dari narasi di media hingga geopolitik,” tegas Chaillan.

Washington DC – ibu kota AS – mungkin menghabiskan tiga kali anggaran lebih banyak daripada Beijing – ibu kota China – dalam hal pertahanan. Tapi biaya tersebut digunakan di area yang salah, menurut Chaillan.

Ia menyebut, kecerdasan buatan dan teknologi baru lainnya lebih penting untuk masa depan Amerika daripada proyek perangkat keras besar dengan anggaran sangat tinggi untuk sekelas F-35, yang merupakan jet tempur generasi kelima.

Satu hal yang menahan Amerika untuk mengembangkan kecerdasan buatan, ungkap Chaillan, yaitu perdebatan yang sedang berlangsung tentang etika dari teknologi terbaru tersebut. Sementara perusahaan-perusahaan teknologi China sudah menggelontorkan investasi besar-besaran di AI tanpa berpikir dua kali.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?