in ,

Apakah Keluar Darah Membatalkan Wudhu? _*

Sahabat Nabi Muhammad biasa sholat saat mereka berdarah akibat luka perang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ada kesepakatan di antara para cendekiawan Muslim bahwa pendarahan dari dua lubang tubuh membatalkan wudhu. Hal ini diungkapkan oleh dosen senior dan cendekiawan Muslim di Institut Islam Toronto, Ontario, Kanada, Sheikh Ahmad Kutty.


“Pendarahan dari salah satu lubang tubuh, yakni anus dan uretra atau vagina pasti membatalkan wudhu seseorang. Ini adalah konsensus umum di antara para ulama,” kata Sheikh dikutip dari About Islam.


Ia mengatakan pendarahan dari luka atau luka tidak membatalkan wudhu seseorang. Hal ini didukung oleh bukti yang kuat dalam sumber-sumber utama Islam dan didukung oleh para salaf (para pendahulu yang saleh).  


Sudah menjadi rahasia umum para sahabat Nabi Muhammad biasa sholat saat mereka mengeluarkan darah dari luka-luka mereka akibat perang. Khalifah Umar sholat sambil mengeluarkan darah akibat luka tusuk. Aturan di atas juga berlaku untuk darah yang diambil untuk tes kesehatan. 

 

 


https://aboutislam.net/counseling/ask-the-scholar/prayer/bleeding-break-wudu/



Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings