Arti Mimpi Menangis Menurut Islam yang Perlu diketahui

[ad_1]

Mimpi merupakan sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Ibnu Sirin dalam kitabnya Muntakhabul Kalam fii Tafsiril Ahlam menjelaskan bahwa mimpi terbagi menjadi dua.

Mimpi haqq dan mimpi bathil

Pernah mimpi yang akhirnya terasa mengganggu? Atau pernah bermimpi yang bikin bahagia? Kalau boleh, meski cuma mimpi, kita pasti ingin mimpi yang bikin bahagia.

Meski demikian ada mimpi yang susah diterjemahkan. Mimpi menangis misalnya. Dalam mimpi yang kita alami, kita melihat diri kita sedang menangis.

Tapi kita tak tahu apakah itu adalah tangisan bahagia atau tangisan kesedihan. Ada idiom dalam masyarakat kita yang mengatakan mimpi adalah bunga tidur. Tak sepenuhnya idiom itu benar.

Sebab, Islam juga membicarakan tentang mimpi. Rasulullah dalam beberapa hadistnya juga memberikan penjelasan tentang mimpi.

Dalam riwayat Auf bin Malik, Nabi Muhammad SAW membagi tiga kriteria mimpi yang dialami manusia.

Pertama, mimpi buruk atau menakutkan yang datang dari syaitan dan membuat sedih. Kedua, mimpi yang menggelisahkan seseorang ketika terjaga dan terus terbawa dalam mimpinya. ketiga, mimpi yang menjadi isyarat kenabian. (HR Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah).

Dalam hadist yang lain diceritakan sebagai berikut: Abu Hurairah RA menyebutkan, โ€œMimpi itu ada tiga macam; bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.โ€ (HR Bukhari).

Mimpi haq adalah mimpi yang dialami oleh seseorang dalam keadaan pembawaan dan cuaca yang stabil, tidur tanpa beban pikiran, tidak sedang berangan-angan sesuatu yang dimimpikan, serta tidak tidur dalam keadaan haid atau junub. Sedangkan mimpi bathil adalah mimpi yang didahului dengan bisikan jiwa, keinginan serta angan-angan akan sesuatu yang dimimpikan dan hal tersebut tidak butuh terhadap penafsiran.

Tidak jarang di antara kita pernah menangis di dalam mimpi. Lantas bagaimana penafsiran mimpi tersebut? Mengutip pendapat Ibnu Sirin bahwa tafsir mimpi menangis adalah sebagaimana berikut:

ูุญูƒูŠ ุนู† ุงุจู† ุณูŠุฑูŠู† ุฃู†ู‡ ู‚ุงู„: ุงู„ุจูƒุงุก ููŠ ุงู„ู…ู†ุงู… ู‚ุฑุฉ ุนูŠู† ูˆุฅุฐุง ุงู‚ุชุฑู† ุจุงู„ุจูƒุงุก ุงู„ู†ูˆุญ ูˆุงู„ุฑู‚ุต ู„ู… ูŠุญู…ุฏ. ูุฅู† ุฑุฃู‰ ูƒุฃู†ู‡ ู…ุงุช ุฅู†ุณุงู† ูŠุนุฑูู‡ุŒ ูˆู‡ูˆ ูŠู†ูˆุญ ุนู„ูŠู‡ ูˆูŠุนู„ู† ุงู„ุฑู†ุฉ ูุฅู†ู‡ ูŠู‚ุน ููŠ ู†ูุณ ุฐู„ูƒ ุงู„ุฐูŠ ุฑุขู‡ ู…ูŠุชุง ูˆููŠ ุนู‚ุจุฉ ู…ุตูŠุจุฉ ุฃูˆ ู‡ู… ุดู†ูŠุน.

โ€œMenangis dalam mimpi merupakan penyejuk mata, namun apabila tangisnya disertai dengan ratapan atau tarian hal itu tidak baik. Apabila ia bermimpi seakan orang yang ia kenal meninggal dan dia meratapinya serta memperdengarkan suara sedihnya maka orang yang dimimpikan tersebut akan terkena musibah dan ditimpa kesedihan.โ€

Selain itu dalam kitab tersebut juga dijelaskan bahwa apabila seseorang bermimpi melihat orang-orang meratapi kematian seorang pemimpin, menyobek-nyobek dan menaburkan debu di atas kepalanya maka pemimpin tersebut berbuat zalim dalam pemerintahannya.

Apabila ia bermimpi seorang pemimpin meninggal sedangkan orang-orang di sekitarnya menangis dengan tanpa ratapan dan jeritan maka mereka seakan melihat suatu kebahagiaan yang ada pada pemimpin tersebut. Dan ketika bermimpi seorang pemimpin meninggal dan orang-orang menyebutnya dengan kebaikan-kebaikan maka pemimpin tersebut baik dalam kepemimpinannya.

An-Nabulsi juga berpendapat bahwa mimpi menangis yang disertai teriakan, tamparan, memakai baju hitam serta merobek saku menunjukkan kepada kesedihan. Apabila tangis tersebut karena takut kepada Allah, mendengar bacaan al-Quran, penyeselan atas dosa yang telah dilakukan menunjukkan kepada kebahagiaan dan hilangnya kesedihan serta kesusahan serta menunjukkan bukti ketakutan ia kepada Allah.

Mimpi tersebut juga bisa diartikan akan turun hujan bagi tempat yang sudah lama tidak turun hujan. Terkadang mimpi menangis juga diartikan dengan panjang umur serta tambahan ketauhidan jika disertai dengan membaca tasbih atau tahlil sebagaimana ditulis dalam kitabnya Tafsirul Ahlam.

Arti Mimpi Menangis

Pastinya kalian perah mengalami mimpi menangis? Apabila dilihat dari sudut pandang psikologi bahwa mimpi ini merupakan pertanda baik.

Bahwa anda sedang mengalami masa penyembuhan didalam hidup anda dan air mata ini sering diartikan kasih sayang. Namun jika anda mengalami mimpi menangis bahwa ini merupakan penyembuhan emosional dan pembersihan spiritual dan serta menunjukan rasa sakit.

Bacaan doa ketika mengalami mimpi buruk

Mimpi buruk merupakan kondisi yang menyebabkan seseorang diliputi oleh perasaan cemas, takut, tertekan, bahkan seperti diteror saat tidur. Jika dilihat dari sudut pandang medis, sebenarnya mimpi buruk disebabkan oleh kurang tidur, stres, banyak masalah, atau bahkan pengaruh obat tertentu.

Untuk itu, jika mimpi buruk datang ketika Mama sedang tidur, maka segeralah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Diriwayatkan oleh Ibnu Sunni, ada dua doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika mengalami mimpi buruk.

Doa pertama sebagai berikut:

ู‡ููˆูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุŒ ุงูŽู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจู‘ููŠู’ ู„ูŽุง ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ู. ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽู„ูู…ูŽุงุชู ุงู„ู„ู‡ู ุงู„ุชู‘ูŽุงู…ู‘ูŽุฉู ู…ูู†ู’ ุบูŽุถูŽุจูู‡ู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุดูŽุฑู‘ู ุนูุจูŽุงุฏูู‡ู ูˆูŽู…ูู†ู’ ู‡ูŽู…ูŽุฒูŽุงุชู ุงู„ุดู‘ูŽูŠูŽุงุทููŠู’ู†ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุญู’ุถูุฑููˆู’ู†ู

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. Aโ€˜udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya: โ€œDialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.โ€

Doa kedua adalah sebagai berikut:

ุฃูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆู’ุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ุนูŽู…ูŽู„ู ุงู„ุดู‘ูŽูŠู’ุทูŽุงู† ูˆูŽุณูŽูŠู‘ูุฆุงูŽุชู ุงู’ู„ุฃูŽุญู’ู„ุงูŽู…ู

Allohumma inni aโ€™zubika min โ€˜amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya: โ€œYa Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.โ€

[ad_2]

Sumber : Dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam