Bagaimana Jika Lupa Membayar Zakat Fitrah? _*

Orang yang lupa tidak ada keharusan untuk membayarkan zakat fitrahnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Salam pembaca, mulai pekan ini dan selama bulan Ramadhan, redaksi akan menayangkan tanya jawab seputar zakat bersama Bapak Dr. H. Muhammad Amin Suma, SH, MA, MM, selaku Ketua Dewan Penasehat Syariah Dompet Dhuafa.

Pertanyaan:

Assalamualaikum Pak Ustaz,

Jika seseorang lupa membayar zakat fitrahnya kemudian baru ingat setelah Sholat Idul Fitri, apa yang harus dilakukan dan bagaimana hukumnya?

Marina, Subang

Jawab:

Waalaikumsalam

Orang yang lupa membayar zakat fitrah dan baru ingat setelah usai Sholat Idul Fitri, tidak ada keharusan untuk membayarkan zakat fitrahnya, dan InsyaAllah tidak berdosa. Untuk “melampiaskan” rasa penyesalan yang ada, InsyaAllah baik manakala Anda sedekahkan saja minimal sebanyak/seharga ukuran zakat fitrah itu kepada fakir-miskin di sekitar Anda.

Syukur-syukur jika jumlah sedekah yang Anda berikan lebih banyak/besar lagi dari sekadar kadar membayar zakat fitrah dimaksud. Wallahu a’lam, semoga bermanfaat adanya!

Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?