Bahaya Gelombang Ketiga COVID-19 Picu RS Kolaps _*

VIVA – Ancaman gelombang ketiga pandemi COVID-19 seolah menjadi pengingat agar masyarakat terus patuh dan memperketat protokol kesehatan. Terlebih, bahaya dari lonjakan kasus COVID-19 dianggap berbahaya pada penanganan fasilitas kesehatan.

Epidemiolog dari Griffith University, Dicky Budiman mengatakan bahwa tiap gelombang pandemi tak hanya berfokus pada penyakit COVID-19 semata melainkan masalah kesehatan lainnya. Sebab, pelayanan untuk kesehatan lainnya bisa terganggu.

“Bukan hanya gelombang COVID-19 tapi juga dampaknya terhadap kolateral damage, kerusakan berentet. Kesakitan kematiannya pada gelombang yang terjadi, ada kolapsnya fasilitas kesehatan dan alat kesehatan. Layanan kesehatan lain misal HIV/AIDS, TBC, itu terdampak,” jelas Dicky dalam acara VIVATalk bertajuk ‘Antisipasi Gelombang Ketiga COVID-19’, baru-baru ini.

Virus Corona COVID-19.

Saat lonjakan kasus COVID-19, Dicky menyebut bahwa tenaga kesehatan bisa kelelahan dan kapasitas rumah sakit membludak sehingga perawatan penyakit lain cenderung terabaikan. Terlebih, lonjakan COVID-19 yang terjadi memicu orangtua untuk menunda imunisasi yang jika dibiarkan dapat berakibat fatal.

“(Akibat menunda imunisasi anak) Jadi ada wabah di tengah wabah. Dampak jangka panjang lainnya juga seperti long COVID-19,” ujar Dicky.

Lebih lanjut, potensi tiap gelombang COVID-18 di Indonesia ini terjadi dengan pola lebih lambat dibanding tren kenaikan kasus di dunia. Kata Dicky, saat dunia mulai meningkat kasusnya seperti saat ini, Indonesia justru di ‘masa tenang’. Sementara, saat dunia sudah reda, kasus di Indonesia bisa melonjak. Maka dari itu, Dicky mengimbau masyarakat untuk tidak melonggarkan protokol kesehatan.

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?