in ,

Bank Sentral Libanon Hapus Subsidi Impor Bahan Bakar _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Bank sentral Libanon akan menghapus subsidi impor bahan bakar karena cadangan devisa menyusut dalam beberapa bulan terakhir.

Gubernur Bank Sentral Libanon Riad Salame memastikan tidak akan mengubah keputusan tersebut. Riad hanya akan mengubah kebijakannya apabila parlemen Libanon mengesahkan aturan yang memperbolehkan penggunaan cadangan devisa wajib.

“Saya tidak akan meninjau penghapusan subsidi bahan bakar, kecuali penggunaan cadangan (devisa) wajib disahkan,” ujarnya dikutip dari AFP, Sabtu (14/8).

Bank Dunia menyatakan Libanon tengah dicengkram salah satu krisis ekonomi terburuk di dunia sejak 1850-an. Libanon mengalami kekurangan pasokan bahan bakar dan kebutuhan hidup lainnya. 

Di tengah tekanan itu, nilai mata uang pound Libanon jatuh lebih dari 90 persen. Selain itu, cadangan devisa Libanon menyusut dalam beberapa bulan terakhir menjadi US$14 miliar.

Angka itu mendekati batas minimum cadangan devisa yang seharusnya digenggam bank sentral. Karenanya, Raid memutuskan menghentikan subsidi impor bahan bakar untuk menjaga cadangan devisa.

[Gambas:Video CNN]

Namun, langkah Raid tersebut menerima kecaman dari sejumlah politisi. Pasalnya, keputusan itu bisa memicu kenaikan bahan bakar di pasar gelap serta menghilangkan akses sebagian masyarakat kepada bahan bakar.

Namun, Raid tetap bersikeras hanya satu solusi sederhana atas permasalahan tersebut, yakni parlemen mengesahkan aturan penggunaan cadangan devisa wajib. Dengan demikian, ia bisa menambah subsidi impor bahan bakar.

“Ada solusi sederhana, sidang di parlemen untuk menyetujui penggunaan cadangan wajib untuk mendanai impor bahan bakar,” ujarnya.

(ulf/agt)




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings