Batas Laut Pulau Jawa, Cek di Sini! _*

Tim detikcom

Pulau Jawa adalah salah satu pulau besar di Indonesia. Pulau ini dikelilingi oleh laut sebagai batasnya. Apa saja? Mari simak! Pulau Jawa adalah pulau terpenting di Indonesia. Di pulau ini, ibu kota Jakarta berada. Kota-kota besar pusat perdagangan juga ada di pulau ini.

Pulau Jawa sendiri memiliki luas mencapai 128.297 km². Pulau ini merupakan pulau terluas kelima di Indonesia dan pulau terluas ke-13 di dunia.

Pulau Jawa terdiri dari enam provinsi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. 6 Provinsi di Pulau Jawa antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten.

Secara geografis, pulau Jawa berbatasan dengan pulau-pulau lainnya. Batas-batas itu antara lain: Pulau Jawa dan Sumatra berbatasan di sebelah barat, pulau Bali di bagian timur, pulau Kalimantan yang ada di sebelah utara, dan Pulau Natal di bagian selatan.

Perairan yang mengelilingi Pulau Jawa adalah Laut Jawa di sebelah utara, Selat Sunda di bagian barat, Samudera Hindia di sebelah selatan, serta Selat Bali dan Selat Madura di area timur.

Batas utara: Laut Jawa

Batas selatan: Samudera Hindia

Batas barat: Selat Sunda

Batas timur: Selat Bali

Saat ini Pulau Jawa tercatat sebagai salah satu wilayah dengan penduduk terpadat, sekaligus pusat pemerintahan negara Indonesia. Kondisi tersebut menambah ketertarikan mengulik lebih detail seputar Pulau Jawa.

Pulau Jawa dikenal dengan kekayaan alamnya yang luas. Selain itu, pemandangan indah juga terdapat di dalamnya yang menjadikan Pulau Jawa diminati turis mancanegara maupun lokal.

Pulau Jawa juga punya barisan pegunungan berapi aktif dengan tinggi di atas 3.000 meter di atas permukaan laut. Salah satunya adalah Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Gunung Bromo di Jawa Timur yang terkenal sangat aktif.

Simak Video “Gegara Batas Tanah, Pria di Mamasa Tega Tebas Adiknya
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)





Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?