Belum Ada Jadwal Kedatangan Wisman 14 Oktober _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Kepala Dinas Pariwisata Bali I Putu Astawa menyebut hingga saat ini belum mendapatkan informasi mengenai kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Pulau Dewata pada 14 Oktober 2021 atau sepanjang bulan ini.

“Sampai hari ini, belum ada info kedatangan pesawat dari luar negeri maupun wisman yang akan ke Bali besok Kamis (14/10),” ujarnya di Denpasar, dilansir Antara, Rabu (13/10).

Namun, ia memperkirakan belum ada penerbangan internasional yang mengangkut wisman ke Bali lantaran waktu yang terlalu singkat untuk mereka mempersiapkan diri.

“Mereka (wisman) tentu butuh waktu untuk mengurus visa maupun penerbangannya,” terang Astawa.

Pun demikian, ia optimistis rencana open border alias pembukaan rute internasional ke dalam negeri dapat tersosialisasi dengan baik. Termasuk, informasi mengenai waktu karantina bagi wisman yang dipangkas dari 8 hari menjadi 5 hari.

Pada 2019, kunjungan wisman ke Bali mencapai 6,27 juta orang. Lalu, pada 2020, angkanya turun menjadi hanya 1,05 juta orang saja.

Periode Januari-Agustus 2021, kunjungan wisman semakin menyusut menjadi hanya 43 orang saja.

Pemerintah Provinsi Bali sendiri telah menerbitkan Buku Panduan Penanganan Wisman di tengah pandemi covid-19. Dalam buku itu, diatur SOP mulai dari kedatangan wisman di bandara, tiba di hotel tempat menginap sementara, hingga SOP di tempat wisata dan isolasi terpusat.

“Di Bali, ada 35 hotel yang telah disiapkan sebagai tempat penginapan sementara bagi wisman yang baru tiba,” imbuh dia.

[Gambas:Video CNN]

(bir/sfr)



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin