Categories: Kisahrepublika.co.id

Berakhirnya Periode Khilafah Nubuwwah _*

Nabi Muhammad menyampaikan kekhalifahan berlangsung 30 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID,ย JAKARTA โ€” Seiring dengan pengunduran diri cucu Rasulullah SAW, al-Hasan, sebagai khalifah, maka berakhir sudah masa khilafah nubuwwah (kepemimpinan nabawi). Hal itu ditandai oleh pembaiatannya terhadap Muโ€™awiyah.


Ini juga dikenal khilafah rasyidah (kepemimpinan yang mendapat petunjuk), yang berlangsung selama 30 tahun sebagaimana dijanjikan Rasulullah SAW.ย Dikutip dari buku Hasan dan Husain the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, Sejak pertama kali dibaiโ€™at, al-Hasan menjadi khalifah bagi Hijaz, Yaman, Irak, dan wilayah lainnya selama kurang lebih tujuh bulan.


Ada juga yang mengatakan selama delapan bulan atau enam bulan.ย Meski terbilang singkat, masa kekhalifahan ini dikategorikan sebagai khilafah rasyidah.


Karena, kurun waktu kekhalifahan itu menggenapkan masa kekhalifahan sebelumnya hingga menjadi 30 tahun, persis seperti yang disampaikan Nabi. Setelah itu, pemerintahan pun berganti menjadi sistem kerajaan.


Nabi SAW bersabda:ย 


ุงู„ุฎู„ุงูุฉ ููŠ ุฃู…ุชูŠ ุซู„ุงุซูˆู† ุณู†ุฉุŒ ุซู… ู…ู„ูƒ ุจุนุฏ ุฐู„ูƒ


โ€œKekhalifahan di tengah umatku berlangsung selama tiga puluh tahun, setelah itu muncullah (sistem) kerajaan,โ€ (HR Tirmidzi).


BACA JUGA:ย Utang Luar Negeri Indonesia Membengkak Ribuan Triliun Rupiah? Ini Fakta-Fakta Terbarunya


ย 

(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "https://connect.facebook.net/en_US/all.js#xfbml=1&appId=417808724973321&version=v2.8"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs); }(document, 'script', 'facebook-jssdk'));

Sumber : republika.co.id

Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Cara Berkah

facebook.com/reuniakbar212dimonas