BMKG Keluarkan Peringatan Hujan Lebat di Beberapa Wilayah

Jakarta, CNN Indonesia —

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia pada Minggu (10/10).

Dari informasi yang dikutip dari situs resmi BMKG, disebutkan potensi hujan disertai kilat dan angin kencang akan terjadi di Provinsi Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

Dikemukakan BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Kepulauan Mentawai.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di Laut Banda sebelah barat Papua yang membentuk daerah konvergensi di perairan utara Kepulauan Aru.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Pulau Nias hingga Selat Malaka bagian tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Papua Barat dan di sepanjang Papua bagian tengah.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di daerah konvergensi tersebut,” sebut BMKG, seperti yang dikutip dari ANTARA.

Di samping itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di beberapa wilayah, yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah dan Papua.

(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?