Captain Kirk Star Trek Jadi Orang Tertua di Dunia yang ke Antariksa _*

Jakarta

Blue Origin meluncurkan roket New Shepard untuk kelima kalinya tahun ini. Kali ini perusahaan milik Jeff Bezos itu sukses menerbangkan ke antariksa, aktor berusia 90 tahun William Shatner yang dikenal lewat perannya sebagai Captain Kirk di serial TV Star Trek.

Sempat tertunda, misi New Shepard yang disebut NS-18 tersebut membawa empat awak. Shatner didampingi VP of mission and flight operations Blue Origin Audrey Powers, co-founder Planet Labs Chris Boshuizen dan co-founder Medidata Glen de Vries.

Dengan berhasilnya penerbangan ini, Shatner sang Captain Kirk, menjadi orang tertua yang terbang ke luar angkasa pada usia 90 tahun. Rekor sebelumnya dipegang oleh pelopor kedirgantaraan Wally Funk, yang pada usia 82 tahun terbang dengan pesawat pertama Blue Origin yang diluncurkan bulan Juli.

William Shatner ke luar angkasaFoto: Blue Origin

Dikutip dari CNBC, Kamis ((14/10/2021) roket New Shepard diluncurkan dari fasilitas milik Blue Origin di Texas Barat, mencapai ketinggian di atas 100 kilometer sebelum kembali ke Bumi dengan selamat beberapa menit kemudian. Secara keseluruhan, peluncuran berlangsung sekitar 11 menit. Para kru mengalami momen tanpa bobot sekitar tiga menit.

Kecepatan kapsul New Shepard ditambah hingga lebih dari tiga kali kecepatan suara untuk melewati batas 80 kilometer yang digunakan AS untuk menandai tepi luar angkasa. Kapsul itu diterbangkan secara mandiri, tanpa pilot manusia, dan kembali ke Bumi menggunakan satu set parasut untuk mendarat di gurun Texas.

William Shatner ke luar angkasaFoto: Blue Origin

Blue Origin menyebut, pendorong roket New Shepard juga dapat digunakan kembali, dan mendarat di landasan beton di dekat lokasi peluncuran. NS-18 adalah peluncuran dan pendaratan keempat untuk booster ini.

Selain menerbangkan orang, New Shepard juga melakukan operasional misi kargo, seperti yang dilakukan pada Agustus lalu. Penerbangan itu membawa muatan penelitian dalam kapsul yang diluncurkannya.

Simak Video “Blue Origin Luncurkan Misi ke-17 untuk Roket New Shepard
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)

Sumber : detik.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?