Cara Alami Mengusir Lalat dari Rumah

Jakarta, CNN Indonesia —

Kehadiran lalat di rumah bisa jadi sangat mengganggu. Tapi tak perlu khawatir, ada cara mengusir lalat dari rumah secara alami yang bisa Anda ikuti.

Lalat hampir ditemukan di mana-mana. Kotoran hewan, sampah, atau bahan-bahan organik yang membusuk menjadi tempat berkembang biak yang tepat bagi lalat. Lampu yang terlalu terang juga bisa menarik lalat masuk.

Meski tak terlalu berbahaya, namun lalat bisa menjadi pembawa virus dan bakteri yang bisa memicu sejumlah penyakit seperti kolera dan disentri.

Ada beberapa cara untuk mengusir lalat dari rumah. Seperti berikut mengutip berbagai sumber.

Cara Mengusir Lalat Secara Alami

Ada beberapa bahan alami pengusir lalat yang bisa Anda gunakan. Berikut mengutip Healthline.

1. Cuka sari apel dan sabun piring


ilustrasi cuka apelIlustrasi. Mencampurkan cuka apel dan sabun cuci piring bisa jadi salah satu cara mengusir lalat secara alami. (iStockphoto/YelenaYemchuk)

Campuran cuka dan sabun cuci piring dapat membantu Anda menjebak lalat.

Campurkan sari cuka apel dan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam gelas. Tutupi gelas dengan plastik, ikat dengan karet. Lalu, lubangi plastik yang menutup gelas tersebut.

Cara mengusir lalat secara alami satu ini akan menjebak lalat ke dalam gelas. Lalat bakal tertarik pada aroma cuka dan terbang melalui lubang tersebut. Sementara sabun cuci piring bisa membuat lalat tenggelam.

2. Cabai rawit dan air

Kombinasi air dan cabai rawit bisa jadi cara mengusir lalat di rumah. Campurkan potongan cabai dengan air ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan ke sekitar rumah untuk mencegah lalat masuk.

3. Umpan alami

Anda juga dapat menggunakan makanan atau minuman yang bisa menarik lalat ke dalam perangkap seperti gula, anggur, buah, dan daging.

Cara Mengusir Lalat di Ruang Terbuka


Woman throwing away a plastic bottleIlustrasi. Menutup rapat tempat sampah jadi salah satu cara mengusir lalat di rumah. (istockphoto/Charday Penn)

Pada dasarnya, lalat akan masuk ke dalam rumah dari area luar. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda perlu mengusir lalat sedari luar.

Berikut beberapa cara mengusir lalat di ruang terbuka, mengutip Prevention.

1. Tutup rapat tempat sampah

Lalat akan selalu tertarik pada aroma busuk. Wajar jika kemudian tempat sampah menjadi lokasi favorit lalat.

Menjaga tempat sampah tertutup dengan rapat akan membantu mencegah datangnya lalat.

2. Bersihkan kotoran hewan peliharaan

Hewan peliharaan bisa saja buang air besar sembarangan. Jika kebetulan hewan peliharaan di rumah kerap melakukannya, maka Anda perlu lebih rajin untuk membersihkan setiap kotoran hewan.

4. Pelihara tanaman tertentu

Beberapa tanaman dipercaya dapat menghadang masuknya lalat. Anda bisa mencoba menanam tanaman di taman seperti kemangi, marigold, lavender, dan catnip. Tanaman-tanaman ini akan membantu mengusir lalat dan hama lainnya.

Demikian cara mengusir lalat di rumah yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba!

(asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?