Cara Download Sertifikat Vaksin 1 dan 2 di PeduliLindungi _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Sertifikat vaksin covid-19 bisa didapat lewat situs web resmi PeduliLindungi di https://pedulilindungi.id/. Atau melalui aplikasinya yang dapat di-download melalui ponsel iOS dan Android.

Berikut cek sertifikat vaksin tahap 1 dan 2 pada situs dan aplikasi Pedulilindungi:

Cara cek melalui situs

1. Klik Login/ Register di sudut kanan atas situs.

2. Jika sudah memiliki akun, klik Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun Peduli Lindungi.

3. Masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.

4. Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas

5. Lantas pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu “Sertifikat Vaksin”, lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.

Selanjutnya jika ingin men-download sertifikat vaksin tersebut, klik “Unduh Sertifikat”. Sedangkan untuk mencetak, file unduhan yang ada di Galeri ponsel bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.

Cara cek melalui aplikasi

1. Download aplikasi PeduliLindungi melalui Google Playstore maupun Apple Appstore.

2. Login dengan nomor ponsel yang terdaftar saat melakukan vaksinasi.

3. Masuk ke akun Peduli Lindungi Anda dengan kode OTP SMS yang dikirim ke nomor ponsel.

4. Klik ikon akun yang terletak di pojok kanan atas aplikasi Peduli Lindungi, lalu pilih Sertifikat Vaksin untuk melihat sertifikat vaksin.

5. Pilih sertifikat vaksin tahap 1 atau 2 yang ingin ditampilkan.

Kemudian klik “Unduh Sertifikat” jika ingin men-download dan menyimpan sertifikat vaksin Covid-19 tersebut.

Ada beberapa syarat untuk dapat mengecek, download, dan mencetak sertifikat vaksin pada situs atau aplikasi Peduli Lindungi, diantaranya sebagai berikut:

Untuk dapat menampilkan sertifikat vaksin di situs ini, Anda harus login terlebih dulu. Sebab, jika Anda langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs ini tanpa login, data yang ditampilkan tidak akurat. Jika sudah login dengan nomor ponsel yang tepat, maka akan tertera data yang benar.

Sebaiknya, log-in dulu nomor telepon yang akan digunakan untuk mendaftar vaksin atau nomor yang digunakan saat melakukan vaksinasi. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke SMS nomor ponsel. Sebab jika salah memasukkan nomor ponsel, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin 1 dan 2.

Sebelumnya diketahui pada perpanjangan PPKM pemerintah melonggarkan operasi mal, restoran dan industri berorientasi ekspor.

Sertifikat vaksin 1 dan 2 di aplikasi Pedulilindungi dijadikan syarat agar masyarakat dapat bepergian, mengunjungi pusat perbelanjaan dan makan di restoran. Masyarakat akan diminta menunjukkan sertifikat vaksin 1 dan 2 kepada petugas yang berjaga.

(mrh/mik)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?