Cara Menyambut Bulan Ramadhan yang Harus diketahui

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah dan penuh ampunan yaitu bulan Ramadhan. Keistimewaan Ramadhan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Diwajibkannya umat muslim berpuasa,
  • Dibukanya pintu-pintu surga dibuka dan ditutupnya pintu neraka
  • Setan-setan diikat, dan
  • Adanya malam seribu bulan atau Lailatul Qadr.

Namun dipastikan, bulan Ramadhan tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya utamanya terkait dengan ibadah wajib dan amalan sunnah saat bulan Ramadhan yang biasa dilakukan.

Hal ini disebabkan adanya wabah penyakit COVID19 yang memaksa kita untuk membatasi atau mengganti sementara waktu ibadah yang biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid menjadi ibadah di rumah.

Namun, keterbatasan yang dihadapi saat ini hendaknya tidak menghalangi kita untuk beribadah puasa Ramadhan dengan khusyuk.

Selain itu, kita juga masih dapat menjalankan macam-macam amalan sunnah yang biasa dilakukan di  bulan Ramadhan tetapi dengan menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada.

Kita juga masih dapat menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Cara menyambut bulan Ramadhan yang penuh keprihatinan seperti sekarang ini di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berniat dengan Sungguh-sungguh

Hal pertama yang harus dilakukan adalah berniat melaksanakan puasa Ramadhan dengan sungguh-sungguh dan ikhlas agar puasa Ramadhan tahun ini benar-benar menjadi ladang pahala.

2. Bertaubat dengan Sungguh-sungguh

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh ampunan. Karena itu, kita dituntut untuk selalu bertaubat dari segala macam kesalahan.

Tidak hanya ketika bulan Ramadhan, di luar bulan Ramadhan pun kita juga dituntut untuk selalu bertaubat dengan sungguh-sungguh.

3. Melakukan Persiapan

Menjelang datangnya bulan Ramadhan, sebaiknya kita mulai melakukan beberapa persiapan sebelum Ramadhan datang.

Salah satunya adalah mencari dan menambah pengetahuan tentang ibadah dan amalan sunnah bulan Ramadhan.

4. Melaksanakan Beberapa Amalan

Cara menyambut bulan Ramadhan berikutnya adalah melaksanakan beberapa amalan menyambut bulan Ramadhan di antaranya adalah bertaubat, berpuasa sunnah, membaca Al Qur’an, dan lain sebagainya.

5. Mempersiapkan Fisik Sebaik-baiknya

Salah satu cara menyambut bulan Ramadhan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan fisik sebaik-baiknya terutama daya tahan tubuh. Hal ini mengingat puasa tahun ini diwarnai dengan adanya wabah pandemik.

Menyambut bulan puasa dengan beberapa cara di atas memiliki keutamaan tersendiri. Adapun keutamaan menyambut Ramadhan di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Tanda orang beriman dan bertakwa
  • Terbukanya pintu-pintu kebaikan
  • Merupakan kebiasaan orang shaleh terdahulu
  • Merupakan upaya untuk memperbaiki diri
  • Melatih kesabaran beribadah.

Sumber : Dalamislam.com
Cara Menyambut Bulan Ramadhan yang Harus diketahui
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam