in ,

Cegah Keramaian 17 Agustusan, Bukit Kaba Ditutup Sementara _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung melakukan penutupan sementara Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong terhitung 16-17 Agustus 2021 guna mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di wilayah itu.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Bengkulu-Lampung, Said Jauhari pada Kamis (12/8) mengatakan penutupan sementara TWA Bukit Kaba dilakukan menyusul terjadinya peningkatan kasus COVID-19 di Rejang Lebong dan sekitarnya.

“TWA Bukit Kaba ini pada 16 dan 17 Agustus 2021 kita lakukan penutupan sementara, hal ini dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya kerumunan massa guna mengantisipasi penyebaran COVID-19,” katanya, seperti yang dikutip dari ANTARA.

Dia menjelaskan, penutupan sementara semua aktivitas di TWA Bukit Kaba tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan massa akibat membeludaknya para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke puncak TWA Bukit Kaba guna menyambut dan memeriahkan HUT RI ke-76.

Berdasarkan pengalaman pihaknya pada tahun-tahun sebelumnya, setiap mendekati peringatan HUT Kemerdekaan RI aktivitas pendakian di TWA Bukit Kaba akan meningkat sehingga dilakukan penutupan sementara.

Menurut dia, pada awal pandemi COVID-19 pada 2020 lalu TWA Bukit Kaba sempat dilakukan penutupan hingga enam bulan, dan kemudian buka kembali seiring kebijakan baru di mana para pengunjung hanya diperbolehkan hiking, tidak boleh berkemah.

Sedangkan untuk selebaran terkait peraturan TWA Bukit Kaba dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 melalui sistem registrasi online, kata Said Jauhari, berdasarkan kesepakatan antara Pokdarwis, BUMDes dan pihak pemerintah Desa Sumber Urip, telah dibatalkan.

“Sebelumnya ada aturan registrasi online khusus 17 Agustus 2021, tetapi setelah pihak Desa Sumber Urip bersama BUMDes dan Pokdarwis disepakati aturan ini dibatalkan karena pendakian pada 16 dan 17 Agustus ditutup,” terangnya.

Sementara itu, data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong terhitung 12 Agustus 2021 jumlah warga daerah itu yang terkonfirmasi positif COVID-19 sejak Juni 2020 lalu hingga saat ini mencapai 3.213 kasus, di mana dari jumlah itu sebanyak 2.867 kasus dinyatakan sembuh, 63 kasus meninggal dunia dan 283 kasus masih dalam pengawasan.

(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *