China Desak AS Batalkan Tarif Dagang _*

Pertemuan antara Perwakilan Perdagangan AS Katherine Tai dan Wakil Perdana Menteri Cina Liu He digelar secara daring. Sebelumnya, Tai mengatakan ia mengharapkan pembicaraan ‘jujur’ dan meminta komitmen China pada hasil negosiasi perdagangan ‘Tahap I’ yang dicapai dengan pemerintahan Presiden Donald Trump.

“Pihak China menegosiasikan pembatalan tarif dan sanksi dan mengklarifikasi posisinya dalam model pembangunan ekonomi dan kebijakan industri Cina,” kata kantor berita Xinhua, Ahad (10/10).

Kantor perwakilan dagang AS mengatakan, Tai berniat menggunakan pembicaraan kedua antarperwakilan dagang itu untuk menguji apakah keterlibatan bilateral dapat mengatasi keluhan AS atas praktek subsidi dan perdagangan China.

“Duta Besar Tai dan Wakil Perdana Menteri Liu meninjau implementasi Perjanjian Perdagangan dan Ekonomi China-AS dan sepakat kedua belah pihak akan berkonsultasi mengenai isu-isu tertentu,” kata perwakilan dagang AS dalam pernyataannya.

Xinhua mengatakan, kedua belah pihak ‘mengungkapkan keprihatinan utama mereka dan sepakat untuk menyelesaikan keprihatinan masing-masing melalui pembicaraan’.

“Kedua belah pihak sepakat melanjutkan komunikasi dengan pendekatan setara dan saling menghormati dan menciptakan kondisi bagi pembangunan ekonomi dan perdagangan yang sehat antara dua negara dan memulihkan perekonomian dunia,” tambahnya.  


Sumber : republika.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?