Dalil pendukung sujud syukur ini juga terdapat dalam hadis berikut; Dari Al-Bara… | Astaghfirullah



Dalil pendukung sujud syukur ini juga terdapat dalam hadis berikut;
Dari Al-Bara’ bin ‘Aazib radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengutus Ali ke Yaman -lalu disebutkan kelengkapan hadisnya-, lalu Al-Bara’ mengatakan, “Ali menuliskan surat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berisi keislaman mereka (penduduk Yaman). Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surat tersebut, beliau tersungkur sujud.” (HR. Al-Baihaqi 2:404).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalil lainnya adalah hadis Ka’ab bin Malik bersyukur kepada Allah ketika menerima kabar gembira bahwa Allah menerima tobatnya. Hadis ini terdapat dalam riwayat Bukhari (53/2769).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kapan sujud syukur dilakukan?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalam Ghayah Al-Muqtashidin Syarh Manhaj As-Salikin (1:281-282) disebutkan, “Sujud syukur dan sujud tilawah sama-sama disyariatkan. Sujud syukur dipraktikkan ketika mendapatkan nikmat khusus atau nikmat umum pada kaum muslimin. Sujud syukur bukan dilakukan untuk nikmat yang terus menerus (dawam), tetapi berlaku untuk nikmat yang jarang-jarang didapat. Begitu pula sujud syukur disyariatkan ketika terselamatkan dari suatu musibah khusus ataupun musibah umum pada kaum muslimin. Contoh pengamalan sujud syukur adalah ketika baru saja mendapatkan buah hati yang dinanti-nanti, mendapatkan harta yang terus ditunggu, mendapatkan jabatan, atau mendapatkan pertolongan dari musuh. Sujud ini dilakukan dalam rangka bersyukur kepada Allah. Bacaan saat sujud syukur sama dengan bacaan saat sujud dalam shalat”.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Bagaimana tata cara sujud syukur?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tata cara sujud syukur adalah seperti sujud tilawah, yaitu dengan sekali sujud. Ketika akan sujud, hendaklah dalam keadaan suci, menghadap kiblat, lalu bertakbir, kemudian melakukan sekali sujud. Bacaan yang dibaca sama dengan bacaan ketika sujud dalam shalat. Kemudian setelah itu bertakbir kembali dan mengangkat kepala. Setelah sujud syukur, tidak ada lagi salam dan tidak ada lagi tasyahud.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bermanfaat.

Silakan follow link Rumaysho di IG:
@rumayshocom | @rumayshocomstore | @ruwaificom | @rumayshotv | @mabduhtuasikal | @muslimmyway | @rofifkids | @parentingruqoyyah

Sumber : Instagram / rumayshocom

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.





Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Leave a Reply