Dari Puncak Candi Borobudur, Umat Buddha Doakan Palestina

Dari Puncak Candi Borobudur, Umat Buddha Doakan Palestina




Jakarta

Doa-doa terbaik untuk Palestina mengalir dari berbagai pihak. Terbaru, umat Buddha melantunkan doa serupa dari puncak Candi Borobudur.

Adapun umat Buddha yang melakukan doa bersama ini dari DPD Walubi DKI Jakarta. Dalam doa bersama yang berlangsung di puncak Candi Borobudur dipimpin Ketua Umum Majelis Agama Buddha Mahayana Indonesia (Mahabudhi) YM Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pusham.

“Kegiatan dharmayatra ini, salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan ritual khususnya di candi-candi atau situs utama. Kita untuk hari ini dipusatkan di Candi Borobudur,” kata YM Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pusham kepada wartawan di Candi Borobudur, Jumat (17/11/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya, di atas puncak Candi Borobudur melafalkan sutra-sutra dan mantra-mantra. Selain itu, juga melakukan doa khusus agar tercipta perdamaian di Palestina.

“Dengan spiritual dari sutra dan mantra dari atas (puncak candi). Juga melakukan pradaksina, tentunya jasa kebajikan ini kita lupakan. Kepada semua makhluk, khususnya kepada saudara-saudara kita yang Palestina dan Israel terjadi konflik. Jadi mudah-mudahan konflik ini secepatnya berakhir,” kata dia.

Bhiksu Pusham menerangkan, ajaran Buddha sendiri mengajarkan tentang cinta kasih maupun perdamaian.

“Sehingga kita bisa hidup rukun, harmonis. Dengan adanya kerukunan perdamaian tentunya cita-cita utama kita umat Buddha memiliki saudara hidupnya bahagia, tentram, damai untuk memiliki suatu keharusan dan itulah tugas utama siswa dan para murid umat Buddha yang sesungguhnya,” tegasnya.

Baca artikel selengkapnya di detikJateng

(msl/msl)



Source : travel.detik.com
Alhamdulillahi Robbil Aalamiin, Allohumma Sholli Ala Rosulillah Muhammad Warhamna Jamii’a.

What do you think?

Written by admin