Dear Pengguna WhatsApp Ada Pesan dari Menkominfo Budi Nih

Dear Pengguna WhatsApp Ada Pesan dari Menkominfo Budi Nih



Jakarta

Suasana Pemilu 2024 sudah mulai terasa saat ini. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi pun memberikan imbauan kepada para pengguna WhatsApp di Indonesia.

Budi meminta masyarakat, khususnya pengguna WhatsApp, dapat lebih bijak saat menerima dan meneruskan informasi yang didapatkan terkait pelaksanaan pemilu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Saya ingin menyampaikan imbauan kepada para pengguna WhatsApp di seluruh penjuru Tanah Air. Saya mohon kepada saudara-saudaraku, bapak-bapak, ibu-ibu, dan semua pengguna WhatsApp tolong kendalikan jempolnya,” ungkapnya saat menyampaikan Keynote Speech Seminar dan Workshop Lawan Misinformasi untuk Pemilu Sehat secara virtual dari Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2023).

Disampaikannya, masyarakat diingatkan agar selalu melakukan check and recheck akan kebenaran informasi yang diterimanya, sebelum meneruskan ke orang lain atau berbagai kanal internet. hal ini guna sebagai bentuk mitigasi penyebaran informasi yang keliru atau misinformasi.

“Sebelum mempercayai dan forward pesan-pesan WA ke orang lain, cek dulu kebenaran informasinya. Jika pesan atau konten meragukan, tidak jelas sumbernya, provokatif dan manipulatif maka sebaiknya tidak usah ikut disebar,” tegasnya.

Sementara itu, Menkominfo menyarankan agar masyarakat lebih baik menjadi agen yang meluruskan segala informasi sesat.

“Misalnya dengan mengirimkan stempel hoax dari Kominfo atau lembaga pengecek fakta lainnya untuk mengcounter disinfomasi yang beredar. Karena kolaborasi multistakeholder adalah kunci perwujudan pemilu yang damai,” tuturnya.

Budi pun mengajak berbagai organisasi, komunitas hingga seluruh elemen masyarakat untuk bersama-bersama menggaungkan narasi Pemilu Damai 2024.

“Saya mengajak seluruh pihak, para penggiat literasi digital yang tergabung dalam Gerakan Nasional Literasi Digital, dan komunitas lainnya, seluruh platform digital, pelaku bisnis, akademisi dan seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama menggelorakan ruang digital yang sehat dan kondusif sepanjang Pemilu 2024 demi kejayaan dan kemajuan Indonesia tercinta,” pungkas dia.

Simak Video “Menkominfo Siapkan Jurus Berantas Judi Online yang Bandel
[Gambas:Video 20detik]

(agt/fay)



Source : inet.detik.com
Alhamdulillahi Robbil Aalamiin, Allohumma Sholli Ala Rosulillah Muhammad Warhamna Jamii’a.

What do you think?

Written by admin