Depresi Meningkat Gara-gara COVID-19, Jadi Sorotan #WorldMentalHealthDay


Jakarta

Akibat pandemi COVID-19 masalah kesehatan mental di Indonesia meningkat sekitar 9 persen. Angka kematian akibat bunuh diri yang disebabkan gangguan kesehatan jiwa juga mengalami peningkatan.

Dalam konferensi pers Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2021, Rabu (6/10/2021), Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan selama pandemi masyarakat rentan mengalami kecemasan, ketakutan, tekanan mental akibat isolasi, pembatasan jarak fisik dan hubungan sosial, serta ketidakpastian.

“Hal-hal tersebut tentu berdampak terhadap terjadinya peningkatan masalah dan gangguan kesehatan jiwa di masyarakat,” jelasnya.

Tak dapat dipungkiri, pandemi merenggut banyak hal dari kehidupan kita. Di tengah perjuangan mengendalikan penyebaran COVID-19, masyarakat juga dihadapkan dengan berbagai masalah seperti ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Terjadi suatu penurunan kemampuan orang untuk membayar akses layanan kesehatan karena banyak kegiatan pembatasan yang mengakibatkan dari sektor informal cukup banyak dari tenaga pekerja yang kehilangan pekerjaanya,” kata Direktur Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza Kementerian Kesehatan, dr Celestinus Eigya Munthe.

Akibatnya, Kemenkes memaparkan, selama pandemi angka kematian akibat bunuh diri yang disebabkan oleh berbagai macam penyakit gangguan kesehatan jiwa, semakin hari semakin meningkat.

“Kita melihat bahwasanya ada peningkatan gangguan masalah kesehatan akibat depresi dan juga ansietas yang dalam penelitiannya membuat suatu gambaran sekitar 6 sampai dengan 9 persen,” papar dr Celestinus.

“Untuk depresi dan ansietas yang artinya terjadi juga suatu kecenderungan peningkatan akibat depresi dalam masalah bunuh diri,” tambahnya.



Simak Video “Cara Afgan Mengatasi Anxiety Disorder
[Gambas:Video 20detik]


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?