Digitalisasi UMKM ala Shopee_*

VIVA – Riset iPrice melaporkan Shopee termasuk dalam platform online pertama dari sisi jumlah pengunjung di kuartal kedua tahun ini. Pada periode Juni hingga Agustus 2021, Shopee mencetak kunjungan rata-rata 961,51 juta orang, dengan rincian dari situs web sebanyak 126,99 juta dan aplikasi sebesar 834,52 juta orang.

E-commerce asal Singapura itu ditempel ketat oleh Tokopedia atau posisi kedua, di mana memiliki rata-rata pengunjung aktif di aplikasinya sebanyak 244,34 juta orang pada periode tersebut.

Dengan demikian, jumlah kunjungan Tokopedia di situs web dan aplikasi mencapai 392,13 juta orang, yaitu 244,34 juta pengunjung dari aplikasi dan 147,79 juta orang dari situs web, mengacu pada data iPrice di kuartal II 2021.

Wabah pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal 2020, telah menyebabkan penurunan omzet pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), seiring turunnya daya beli masyarakat.

Tahun lalu, kontribusi sektor UMKM terhadap PDB nasional merosot sebesar 23 persen year on year, yakni dari 60,3 persen menjadi 37,3 persen. Tahun ini, angkanya diproyeksikan akan kembali turun sekitar 4 persen.

Salah satu kunci untuk meningkatkannya, adalah mengenalkan para pelaku UMKM ke dunia digital. Pembatasan aktivitas dan mobilitas di masa pandemi, dinilai bisa memberikan peluang bagi sektor UMKM ataupun startup untuk memasarkan jasa dan produknya secara online.

Untuk itu, Shopee berkomitmen mendongkrak ekonomi Indonesia melalui pembukaan ribuan lapangan kerja baru, khususnya UMKM dan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya di Kota Solo, Jawa Tengah lewat peresmian kantor barunya.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?