Dijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang Baik _*

Jakarta

Bukan hanya makan makanan halal, Alquran juga menyarankan umat Muslim untuk makan dari sumber yang baik. Begini penjelasan Alquran dan para ulama.

Dalam ajaran agama Islam, makanan merupakan unsur penting yang perlu diperhatikan. Walaupun termasuk dalam kebutuhan, tetapi kejelasan sumber makanan perlu dipilah-pilah dan dicermati dengan baik.

Jika biasanya aturan soal makanan lebih umum diketahui tentang halal dan haram ternyata ada peraturan yang lebih daripada itu. Allah SWT juga menganjurkan umatnya untuk mengonsumsi makanan dan minuman dari sumber yang baik.

Hal tersebut juga ditekankan oleh para ulama untuk dijalani dengan baik oleh umat Muslim. Mengetahui sumber dari makanan tersebut bahkan juga dikatakan sangat berpengaruh pada kehalalan makanan yang dikonsumsi.

Baca juga: Doyan Kepiting? Ini Hukum Makan Kepiting Menurut Mazhab Ulama

Dijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang BaikDijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang Baik Foto: Getty Images/iStockphoto

Mengutip akun YouTube @Khalid Basalamah Official (11/9), anjuran terkait mengonsumsi makanan yang berasal dari sumber yang baik juga ditekankan dalam beberapa ayat yang tertulis pada Alquran.

“Allah berfirman, “Wahai para rasul! Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan,” (Q.S Al-Mu’minun ayat 51).

Bahkan para rasul saja diperintahkan untuk mengonsumsi makanan yang berasal dari sumber yang baik serta menjalankan kebaikan. Hal ini dimaksudkan agar para rasul dapat menjadi contoh bagi pengikutnya kelak.

Dijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang BaikDijelaskan dalam Alquran, Begini Keutamaan Makan dari Sumber yang Baik Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain itu, Allah SWT juga menekankan aturan makan dari sumber yang baik bagi orang-orang beriman. Maka, bagi mereka yang mengaku beriman atau percaya kepada Allah SWT sudah seharusnya mengikuti anjuran tersebut.

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu,” (Q.S Al-Baqarah ayat 172).

Berdasarkan kedua ayat tersebut, Imam Ahmad, salah satu imam dari empat mazhab dalam Islam menyimpulkan anjuran untuk makan makanan yang berasal dari sumber yang baik. Imam Ahmad menyatakan bahwa kedua ayat tersebut menyatakan bahwa makanan merupakan bagian dari agama.

Makan yang dianggap sebagai bagian dari agama adalah konsumsi makanan halal yang juga berasal dari sumber yang baik. Misalnya tidak didapatkan dari mencuri, mengambil milik orang lain tanpa seizin, atau berasal dari sumber-sumber yang tidak diridhai Allah SWT.

Baca juga: Begini Hukum Makan dengan Tangan Kiri dalam Alquran dan Hadis

Simak Video “Menengok Restoran Halal di Angeles City, Filipina
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)


Sumber : detik.com
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?