Doa agar Hati Tenang dan Diteguhkan Imannya _*

ya muqollibal qulub


Perkara hati memang sulit untuk dikendalikan. Kadang ia merasa senang kadang sedih dan kadang tidak dapat didefinsikan. Memiliki hati tenang tentu menjadi harapan setiap orang. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan membaca doa ya muqollibal qulub.

Pernah mendengar doa tersebut? Ketika hatimu sedang resah, gelisah dan penuh dengan pikiran yang tidak wajar maka kamu bisa mencoba melafadzkan doa tersebut.

Pada dasarnya memang hati manusia rawan untuk berubah-ubah. Ada kalanya hati itu kuat dan tegar dan ada kalanya juga hati itu lemah, gelap, dan bahkan keras sehingga sulit untuk menerima kebenaran.

Ini juga alasan yang menyebabkan iman naik dan turun. Sebagaimana yang pernah diungkapkan salah seorang sahabat yaitu Abu ad-Darda` Uwaimir al-Anshaari rahimahullah. Ia mengatakan:

الإِيْمِانُ يَزْدَادُ وَ يَنْقُصُ

Artinya: “iman itu naik dan turun”.

Jadi bila kamu tiba-tiba merasa futur atau lemah iman itu adalah sesuatu yang wajar tetapi jangan dibiarkan. Ia harus segera ditepis dan dihilangkan.

Menaikkan iman bisa dengan meningkatkan ketaatan kepada Allah SWT dengan cara mengerjakan segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Iman naik dengan taat dan turun dengan maksiat. Sehingga segala bentuk kemaksiatan harus kita hindari.

Baca Juga: Subhanallah walhamdulillah (Lafadz Dzikir beserta Arti dan Keutamaan)

Ya Muqolibal Qulub
sumber: unsplash

Lafadz Ya Muqolibal Qulub

Sebenarnya lafadz tersebut masih kurang lengkap. Sebagai sebuah lafadz doa yang biasa diucapkan oleh Rasulullah SAW maka lafadz yang versi lengkap adalah sebagai berikut:

Lafadz arab,

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Latin,

Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik

Terjemahan,

Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati teguhkanlah hatiku di atas agamamu

Dzat pada lafadz doa tersebut merefer kepada Allah SWT yang memiliki kekuasaan atas segala apapun di muka bumi ini. Termasuk pada hati manusia.

Ia juga bisa dengan mudah membolak-balik hati manusia sehingga diri kita perlu berdoa agar hati kita selalu dilembutkan dengan nilai-nilai Islam serta diteguhkan untuk terus menjalankan syariat Islam.

Doa ini jug sering dilafadzkan untuk orang lain agar orang yang kita maksudkan dilembutkan hatinya oleh Allah SW. Bisa agar dia menerima Islam atau kebaikan lainnya.

Sering juga doa ini dilafadzkan ketika kita berharap seseorang menjadi jodoh kita. Sebenarnya tidak salah tapi yang menjadi masalah adalah bila kita terus berharap kepada orang tersebut.

Tetap pasrahkan segala ketentuan hanya kepada Allah SWT termasuk perkara jodoh yang sebenarnya Allah sudah tuliskan sebelum kita lahir.

Jadi apabila ada seseorang yang kita sukai dan sudah kita doakan terus menerus tetapi bila ketetapan Allah menunjukkan bahwa ia bukan jodoh kita maka ia tidak akan menjadi jodoh kita.

Baca Juga: Doa Menjenguk Orang Sakit

Ya Muqolibal Qulub
sumber: unsplash

Riwayat

Doa ini memiliki riwayat ketika Rasulullah melafadzkannya. Salah satunya riwayat yang menceritakan terkait dengan doa ini adalah kisah Ummu Salamah Radiallahu Anha yang merupakan salah satu istri Nabi SAW,

Beliau (Ummu Salamah) berkata bahwa Rasulullah SAW terbiasa membaca doa:

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Yaa muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘ala diinik

“Wahai dzat yang maha membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agamamu” [HR. Tirmidzi, Ahmad, dan Hakim]

Manfaat Membaca Doa

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika membaca doa tersebut, diantaranya:

Pertama, hati menjadi tenang karena doa ini memang dimaksudkan agar Allah mengistiqomahkan hati agar selalu berada di jalan-Nya.

Kedua, Iman akan semakin kuat karena ketika hati telah diistiqomahkan maka nilai-nilai serta syariat Islam akan dengan nyaman kita jalankan sehingga iman menjadi sangat kuat.

Ketiga, semakin dekat dengan Allah karena dengan doa ini kita sadar bahwa kita manusia yang lemah dan hanya Allah tempat kita berserah dan mengharap apapun termasuk perkara hati.

Baca Juga: Doa untuk Anak (Arab, Latin, dan Terjemahan)

Penutup

Demikianlah penjelasan tentang lafadz doa ya muqollibal qulub beserta arab, latin, terjemahan, serta manfaat pada saat kita membacakannya. Semoga penjelasan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Jika kamu tertarik dengan konten keislaman seperti ini, kamu bisa juga melihat tulisan lainnya di Topik Islam. Jika kamu lebih menyukai konten video kamu bisa mengunjungi Channel Youtube Qazwa.

Source : qazwa.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?