Doa Agar Terhindar dari Niat Jahat Orang Lain dan Manfaatnya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita mungkin saja bertemu dengan orang-orang yang tidak baik atau memiliki hati iri dan dengki serta akhlak yang kurang bagus. Orang-orang seperti itu sangat mungkin memiliki niat jahat kepada orang lain termasuk diri kita.

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam sendiri telah mengajarkan kepada umatnya do’a dan dzikir perlindungan baik dari kejahatan syaithan maupun kejahatan manusia lainnya.

Lafazh Do’a

Berikut adalah beberapa dzikir dan do’a yang telah Rasululullah ajarkan untuk menghindarkan diri kita dari niat jahat orang lain:

1. Do’a yang dibaca dalam dzikir pagi petang

Secara umum, dzikir pagi petang disyariatkan sebagai bentuk perlindungan diri dari berbagai macam keburukan, termasuk niat jahat orang lain kepada diri kita.

Diantara lafazh do’a yang bisa dibaca adalah:

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil ardhi wa laa fis samaa’ wa huwas samii’ul ‘aliim.

Artinya:

“Dengan nama Allah yang bila disebut, segala sesuatu di bumi dan langit tidak akan berbahaya, Dia-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Do’a ini dibaca sebanyak 3 kali di waktu pagi dan petang.

Selain itu, kita juga disyariatkan membaca ayat kursi, Al-Ikhlas 3 kali, Al-Falaq 3 kali, dan An-Naas 3 kali.

2. Do’a perlindungan dari musuh yang jahat

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, disebutkan bahwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam pernah membaca sebuah do’a untuk terhindar dari gangguan musuh dan orang jahat. Berikut adalah lafazh do’anya:

اللهم يا منزل الكتاب ومجري السحاب وهازم الأحزاب اهزمهم وانصرنا عليهم

Allohumma ya munazzilal kitab, wa mujriyas sahab, wa hazimal ahzab, ihzimhum wanshurna ‘alaihim

Artinya: “Ya Allah, waha Zat yang menurunkan Al-Qur’an berangsur-angsur, pengerak awan, pengusir kelompok (jahat), usirlah mereka dan menangkanlah kami atas mereka.”

3. Do’a Nabi Musa

Yang ketiga adalah berdo’a sebagaimana do’a yang pernah diucapkan oleh Nabi Musa yang diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Qashash Ayat 21. Adapun lafazh do’anya adalah:

رَبِّ نَجِّنِىۡ مِنَ الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ

Robbi Najjinii Minal-Qoumizh-Zhalimiin.

Artinya: Ya Allah, Selamatkanlah aku dari kaum yang hendak menzalimiku.

Manfaat Do’a

Diantara manfaat ketika kita mengamalkan do’a diatas adalah akan mendapat perlindungan Allah dari orang-orang yang memiliki niat jahat kepada kita. Selain itu, do’a dan dzikir apapun akan mendekatkan seorang hamba kepada Allah dan meningkatkan ketaqwaan dan tawakalnya.

Sumber : Dalamislam.com
Doa Agar Terhindar dari Niat Jahat Orang Lain dan Manfaatnya

Doa Agar Terhindar dari Niat Jahat Orang Lain dan Manfaatnya. Doa Agar Terhindar dari Niat Jahat Orang Lain dan Manfaatnya.
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi.


Posted

in

by

Tags: