Doa untuk Kesembuhan Orang Sakit dan Manfaatnya _* NK2

Menjenguk orang sakit adalah salah satu amalan mulia yang sangat dianjurkan dalam agama Islam serta memiliki pahala yang sangat besar. Hal ini sebagaimana telah disampaikan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah hadits :

Dari Ali Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:

 « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا غُدْوَةً إلا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ , وَإِنْ عَادَهُ عَشِيَّةً إلا صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُونَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ  وَكَانَ لَهُ خَرِيفٌ فِي الْجَنَّةِ 

“Tidaklah seorang muslim menjenguk saudaranya muslim (yang sedang sakit) di pagi hari melainkan dirinya akan dido’akan oleh tujuh puluh ribu malaikat hingga petang. Dan jika dia menjenguk di sore hari, maka dirinya akan dido’akan oleh tujuh puluh ribu malaikat hingga pagi. Dan baginya kebun ditengah surga“. [HR at-Tirmidzi no: 969. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam shahih sunan at-Tirmidzi 1/286 no: 775].

Diantara adab yang diajarkan dalam agama islam tatkala menjenguk seorang muslim yang tengah sakit adalah mendo’akan dengan rahmat, ampunan, keselamatan, dan kesembuhan untuknya. Rasulullah telah mengajarkan beberapa do’a yang bisa kita panjatkan untuk mendoakan kesembuhan bagi orang yang sakit.

Berikut adalah beberapa lafazh do’a kesembuhan untuk orang sakit yang diajarkan oleh Rasulullah:

1. Do’a pertama

ﻻَ ﺑَﺄْﺱَ ﻃَﻬُﻮْﺭٌ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ

Laa ba’-sa thohuurun InsyaaAllah

“Tidak mengapa, semoga sakitmu bisa membersihkan dosa-dosamu, insya Allah“.

2. Do’a kedua

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا  

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya:

“ Wahai Rabb seluruh manusia, hilangkanlah sakitnya, sembuhkanlah dia. Hanya Engkaulah yang dapat menyembuhkannya. Tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak akan menyisakan penyakit.”

3. Do’a ketiga

  أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ  

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

artinya:

“Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, agar Ia menyembuhkan penyakitmu.”

Do’a ini disyari’atkan untuk dibaca 7X dengan posisi saat membaca doa dengan duduk di dekat kepala orang yang sakit.

4. Do’a keempat

…..اللَّهُمَّ اشْفِ

Allāhummasyfi….. (Sebutkan nama orang yang sakit)
artinya:

“ Ya Allah, sembuhkanlah….(sebut nama orang yang sakit)”

Beberapa manfaat dari do’a-do’a kesembuhan tersebut adalah:

  • Merupakan bentuk kasih sayang kita kepada saudara muslim yang tengah diuji dengan sakit. Mendoakannya merupakan wujud kepedulian kita agar saudara tersebut bisa segera sembuh dari sakit yang dideritanya.
  • Sebagai  hiburan bagi orang yang sakit agar dia tidak merasa berat dengan sakitnya karena sakit tersebut bisa menggugurkan dosa-dosa dan kesalahannya.
  • Dapat mempererat rasa persaudaraan antar sesama manusia.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam