Doa Untuk Orang Sombong dan Angkuh Serta Ganjarannya _* NI9

Belakangan ini banyak sekali video viral sekelompok orang yang berlomba-lomba pamer harta hingga tempat berkumpul. Mereka merasa menjadi orang paling mampu dan bergelimang harta. Hingga tak mengizinkan kalangan bawah untuk berteman dengan mereka.

Sifat angkuh dan sombong memang sering melekat pada seseorang, apalagi jika mereka memiliki kelebihan di antara yang lainnya. Mereka seolah lupa kalau di atas langit masih ada langit.

Karenanya, kita perlu mengerti bahwa sifat tersebut snagat dibenci Allah SWT. Sebab, hanya Dia-lah yang pantas sombong karena hanya Dia pemilik alam semesta beserta isinya. Kita harus selalu sadar, manusia hanya makhluk kecil dan tak ada yang pantas untuk disombongkan.

Kesombongan dalam islam merupakan sifat yang dibenci oleh Allah SWT dan Rasulullah ﷺ dan menjadi ciri perilaku iblis. Apapun bentuk kesombongan yang dilakukan manusia, dilarang oleh Allah SWT.

Sebagaimana firman Allah dalam surah Luqman ayat 18 :

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

“Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Selain itu, dalam salah satu hadis Rasulullah ﷺ menjelaskan tentang orang sombong dalam islam yang merupakan penghuni neraka.

إِنَّ أَهْلَ النَّارِ كُلُّ جَعْظَرِيٍّ جَوَّاظٍ مُسْتَكْبِرٍ جَمَّاعٍ مَنَّاعٍ وَأَهْلُ الْجَنَّةِ الضُّعَفَاءُ الْمَغْلُوبُونَ

“Sesungguhnya penduduk neraka adalah semua orang yang kasar lagi keras, orang yang bergaya sombong di dalam jalannya, orang yang bersombong, orang yang banyak mengumpulkan harta, orang yang sangat bakhil. Adapun penduduk surga adalah orang-orang yang lemah dan terkalahkan”. [Hadits Shahih. Riwayat Ahmad, 2/114; Al-Hakim, 2/499].

Ada beberapa cara menghadapi orang sombong yang juga bisa kamu amalkan.

Ganjaran Orang-orang yang Sombong dan Angkuh:

1. Ditempatkan di Neraka Jahanam

Orang sombong biasanya ingin lebih terlihat lebih baik dari yang lain, menggunakan pakaian terbaik agar dilihat orang sekitar, hingga membicarakan tentang apa yang dia punya atau apa yang pernah dia lakukan.

Maka dari itu, orang yang sombong akan selalu memikirkan bagaimana ia bisa melebihkan yang dia miliki dan hingga di hari kiamat neraka adalah tempatnya. Sebagaimana dalil tentang akibat bersikap sombong firman Allah dalam surat Az Zumar : 60,

وَيَوۡمَ الۡقِيٰمَةِ تَرَى الَّذِيۡنَ كَذَبُوۡا عَلَى اللّٰهِ وُجُوۡهُهُمۡ مُّسۡوَدَّةٌ ؕ اَلَيۡسَ فِىۡ جَهَنَّمَ مَثۡوًى لِّلۡمُتَكَبِّرِيۡنَ

“Dan pada hari Kiamat engkau akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, wajahnya menghitam. Bukankah neraka Jahanam itu tempat tinggal bagi orang yang menyombongkan diri?”

2. Awal dari Kegagalan

Orang orang yang sombong tidak akan menyadari bahwa perilaku akan membawanya pada kegagalan. Dalam Al-quran telah dijelaskan bahwa sombong merupakan sebuah kegagalan,

وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا‌ ۚ اِنَّكَ لَنۡ تَخۡرِقَ الۡاَرۡضَ وَلَنۡ تَبۡلُغَ الۡجِبَالَ طُوۡلًا

“Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.” (QS. Al-Isra : 37).

3. Hilangnya Amal Baik

Kesombongan akan membuat amalan baik akan hilang dan berujung pada dosa. Beribadah dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakan sebuah amal kebaikan, kemudian dirinya sombong, maka seketika hancurlah amalnya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Adapun amal-amal yang membinasakan adalah berprilaku kikir, mengikuti hawa nafsu dan membanggakan diri.” (HR Thabrani)

4. Diabaikan Allah

Sebagai umat Islam pastinya kita ingin selalu dalam keberkahan dan lindungan Allah SWT. Ganjaran orang yang sombong ialah diabaikan oleh Allah, Naudzubillah min dzaalik. Salah satu hadits menjelaskan:

ثلاثة لا يكلمهم الله ولا يزكيهم ولهم عذاب أليم ؛ أشيمط زان، وعائل مستكبر، ورجل جعل الله بضاعته لا يشتري إلا بيمينه ولا يبيع إلى بيمينه رواه الطبراني بسند صحيح

Dari Sahabat Salman al-Farisi radhiyallahu ‘anhu berkata: ”Sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tiga golongan yang tidak diajak bicara oleh Allah pada hari kiamat dan tidak disucikan-Nya dan bagi mereka azab yang pedih yaitu, orang yang sudah beruban (tua) yang berzina, orang miskin yang sombong, dan orang yang menjadikan Allah sebagai barang dagangannya, ia tidak membeli kecuali dengan bersumpah (dengan nama-Nya) dan tidaklah ia menjual kecuali dengan bersumpah (dengan nama-Nya)” (HR. Thabrani).

5. Mendapatkan Kehinaan

Rasulullah ﷺ menempatkan orang-orang sombong pada kelompok orang yang zalim dan hina. Sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Seseorang yang selalu angkuh (merasa tinggi) dengan dirinya sendiri, maka ia dicatat bersama orang-orang yang sombong, kemudian adzab yang menimpa mereka akan menimpanya juga.” (HR Tirmidzi)

Hal ini pula merupakan balasan orang sombong yang sudah seharusnya ia terima karena memelihara sifat yang buruk.

Doa Dijauhkan dari Orang-orang Sombong dan Angkuh

Nah, jika Anda berada di posisi tersebut, tapi Anda tidak ingin menanggapi tantangan, bacalah doa berikut ini:

“wa’ibaadu alrrahmaani alladziina yamsyuuna ‘alaa al-ardhi hawnan wa-idzaa khaathabahumu aljaahiluuna qaaluu salaamaan.”

Artinya: Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan. (Al Furqaan : 63)

Kesimpulan dan pembahasan

Demikianlah ganjaran bagi orang-orang yang sombong dan angkuh serta doa agar dijauhkan dari orang-orang yang sombong dan angkuh. Allah sangat melaknat orang-orang yang sombong dan angkuh.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

dalamislam

Written by dalamislam