Duel Eks Gelandang Timnas Indonesia _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Final sepak bola PON Papua 2020 yang mempertemukan tuan rumah dengan Aceh akan menjadi duel dua mantan pemain yang pernah membela Timnas Indonesia, Eduard Ivakdalam dan Fakhri Husaini.

Eduard dan Fakhri adalah dua gelandang dari dua era berbeda. Eduard pernah membela Timnas Indonesia sejak pertengahan 1990-an hingga 2000-an, atau muncul setelah Fakhri merasakan kejayaan bersama skuad Garuda sejak 1980-an sampai pertengahan 1990-an.

Dua pemain beda era tersebut pernah sama-sama membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 1997. Saat itu, Fakhri dan Eduard merupakan penghuni lini tengah selain Uston Nawawi, Ronny Wabia, Bima Sakti, dan Ansyari Lubis.

Sempat merasakan kebersamaan di Timnas Indonesia, Eduard dan Fakhri juga sama-sama pemain yang cukup awet membela klub. Eduard cukup lama bermain bersama Persipura Jayapura, sementara nama Fakhri tak bisa dilepaskan dari sejarah tim Pupuk Kaltim Bontang.

Fakhri yang lebih dulu gantung sepatu kemudian menjadi pelatih di Bontang. Sebelum kemudian menjadi pelatih Timnas Indonesia di level kelompok umur.

Sosok asal Aceh itu kemudian tenar sebagai juru latih Timnas Indonesia U-16 yang mengantar Bagus Kahfi dan kawan-kawan menjadi juara AFF dan menembus putaran final Piala Asia U-16 2018.

Eduard pun setelah pensiun menjadi pemain mengambil kursus kepelatihan dan sempat menangani kesebelasan Liga 3 Persewar Waropen dan Persemi Mimika.

Selepas menangani Timnas Indonesia U-19 pada akhir 2019, Fakhri kemudian merapat ke tim PON Aceh pada 2020. Sementara Eduard mulai membesut tim PON Papua pada 2019.

Pada fase grup, Papua tampil sebagai juara grup dengan mengemas kemenangan dari tiga kali tampil. Sementara, Aceh juga menjadi juara grup dengan keunggulan jumlah gol.

Di babak enam besar, Papua dan Aceh berada satu grup. Papua menjadi juara grup dengan menang melawan Aceh dan Sumatera Utara. Sementara Aceh menjadi runner up usai menundukkan Sumut.


Banner Live Streaming MotoGP 2021

Papua kemudian melangkah ke semifinal dan menang 5-1 atas Kalimantan Timur. Sementara Aceh di semifinal melewati Jawa Timur dengan skor 2-1.

Partai final sepak bola PON Papua 2020 akan berlangsung Kamis (14/10) siang di Stadion Mandala Jayapura.

[Gambas:Video CNN]

(nva/jal)


Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?