Ekonomi Inggris Tumbuh 0,4 Persen pada Agustus 2021 _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Inggris mencatat pertumbuhan ekonomi 0,4 persen pada Agustus 2021. Laju positif tak lepas dari  pelonggaran kegiatan masyarakat.

Beberapa sektor seperti akomodasi dan layanan makanan, seni, hiburan dan rekreasi berkontribusi besar terhadap pertumbuhan Pendapatan Domestik Bruto (PDB). Sektor kesehatan dan perdagangan justru menurun.

Kendati demikian, perekonomian Inggris masih 0,8 persen lebih rendah dari posisi sebelum pandemi. Sebagai catatan, pelonggaran penguncian wilayah (lockdown) dilakukan pemerintah sejak 19 Juli sehingga masyarakat dapat berbelanja dan rekreasi tanpa menggunakan masker.

“Ekonomi naik pada Agustus sebab bar, restoran, dan festival dikunjungi pada bulan pertama pasca pelonggaran lockdown di Inggris,” kata Direktur Statistik Kantor Nasional Urusan Statistik (ONS) Darren Morgan dikutip dari AFP, Rabu (13/10).

Sementara itu, ONS merevisi laju ekonomi Juli lalu menjadi minus 0,1 persen. Morgan mengatakan ini terjadi sebab sejumlah industri melemah.

Adapun prospek ke depan tetap dibayangi oleh kekurangan tenaga kerja, semikonduktor dan bahan bakar motor, melonjaknya harga minyak dan gas, dan dampak berkelanjutan dari Brexit dan covid-19.

Lebih lanjut, Kepala Ekonom Capital Economics Inggris Paul Dales mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi pada Agustus terhenti lantaran krisis bahan bakar yang terjadi belakangan ini.

[Gambas:Video CNN]

(fry/sfr)



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?