in ,

Empat Sifat Orang Bertakwa Menurut Alquran _*

Allah menjelaskan menahan amarah itu suatu jalan ke arah takwa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Alquran menerangkan empat sifat orang bertakwa. Di antaranya orang yang berinfak di waktu lapang dan sempit, orang yang dapat menahan amarahnya, orang yang dapat memaafkan kesalahan orang lain, dan orang yang berbuat kebaikan.


Hal ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran Ayat 134 dan tafsirnya.


الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ فِى السَّرَّۤاءِ وَالضَّرَّۤاءِ وَالْكَاظِمِيْنَ الْغَيْظَ وَالْعَافِيْنَ عَنِ النَّاسِۗ وَاللّٰهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَۚ


(Yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan. (QS Ali Imran: 134)


Tafsir Kementerian Agama menerangkan, ayat ini langsung menjelaskan sifat-sifat orang yang bertakwa. Pertama, orang yang selalu menafkahkan hartanya baik dalam keadaan berkecukupan maupun dalam keadaan kesempitan (miskin), sesuai dengan kesanggupannya.


Menafkahkan harta itu jumlahnya tidak ditentukan sehingga ada kesempatan bagi orang miskin untuk memberi nafkah. Bersedekah boleh saja dengan barang atau uang yang sedikit nilainya karena hanya itu yang dapat diberikan, dan tetap akan memperoleh pahala dari Allah SWT.


Bagi orang kaya dan berkelapangan tentu sedekah dan dermanya harus disesuaikan dengan kesanggupan. Sungguh amat janggal bahkan memalukan bila seorang yang berlimpah-limpah kekayaannya memberikan derma dan sedekah sama banyaknya dengan pemberian orang miskin. Ini menunjukkan kesadaran memberi nafkah belum tertanam di dalam hatinya.


Baca juga : Apa Hukum Menonton Film Porno?


 


 



Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings