Enggak Salah Lihat, Toyota Jual ‘Suzuki Ertiga’ di Afsel _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Foto Suzuki Ertiga berlambang Toyota di atas bukan bohongan, itu asli terpampang di situs resmi Toyota Afrika Selatan. Mobil ini bernama Toyota Rumion yang jati diri sebenarnya adalah Ertiga buatan Suzuki di India.

Rumion terlihat seperti replika Ertiga namun dengan logo Toyota. Pada kenyataannya mobil ini adalah buah kerja sama di India antara Toyota dan Suzuki yang sudah ditandatangani pada 2018.


Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan.Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan. (toyota.co.za)

Salah satu klausul kesepakatan itu yakni Toyota dan Suzuki saling bertukar mobil. Sebelum Rumion berbasis Suzuki, Toyota sudah meluncurkan sedan Glanza menggunakan Suzuki Baleno dan SUV Urban Cruiser dari Suzuki Vitara Brezza.

Sementara Suzuki sudah meluncurkan SUV hybrid Across berbasis RAV4 PHEV dan
station wagon Swace berbasis Toyota Corolla.

Kerja sama seperti ini bukan hal aneh lagi dalam dunia otomotif, berbagai produsen memutuskan memakai ‘jalan pintas’ yang sama-sama untung untuk menyiasati peluang di berbagai negara. Salah satu keuntungan jabat tangan seperti ini yaitu tak butuh biaya besar untuk menciptakan mobil baru dari nol.

Toyota juga sepertinya tidak menghabiskan banyak biaya buat mendandani Rumion agar beda dari Ertiga. Secara kasat mata perbedan eksterior Rumion dari Ertiga hanya di bagian grill dan detail kecil lain.


Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan.Toyota Rumion berbasis Suzuki Ertiga meluncur Senin (11/10) di Afrika Selatan. (toyota.co.za)

Mesin Rumion serupa Ertiga yakni Seri K 1.500 cc dengan tenaga identik 103 hp dan torsi 138 Nm. Pilihan transmisi juga ada dua, otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Sejauh ini menurut pemberitaan media di India, Rumion hanya dijual di Afrika Selatan. Belum ada keterangan resmi akan dijual di negara lain.

Hal lain yang unik tentang Rumion yakni Toyota masih menjual Avanza di Afrika Selatan yang merupakan pesaing Ertiga. Jadi Toyota di Afrika Selatan punya dua produk low MPV yang dijual bersamaan, yaitu Rumion dan Avanza yang harganya sedikit lebih mahal.

(fea)

[Gambas:Video CNN]



Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?