Final Thomas, Fajar/Rian Bawa Indonesia Ungguli China 2-0 _*

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalahkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12, 21-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Indonesia tinggal membutuhkan satu poin lagi untuk meraih gelar juara Piala Thomas yang pertama setelah hampir dua dekade selalu gagal. Tim Thomas Indonesia saat ini memimpin 2-0 setelah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengalahkan He Ji Ting/Zhou Hao Dong 21-12 dan 21-19 dalam waktu 43 menit di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Ahad (17/10) malam WIB. Indonesia sebelumnya meraih poin pertama dari Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Lu Guang Zu.


Fajar/Rian membuka permainan dengan canggung. Pengembalian yang menyangkut di net membuat He/Zhou mendapatkan poin pembuka. Kesalahan serupa kembali terulang sehingga membuat lawan menambah angka dan pertandingan menjadi ketat. Namun setelah imbang 8-8, Fajar/Rian mulai mengambil kendali dan menutup interval gim pertama 11-8.


Fajar/Rian konsisten dengan strategi tidak melepaskan smash keras dari baseline, tapi menaruh bola di depan pasangan China. Jika tidak, menempatkan bola menyilang, masih di area depan. Permainan ini membuat He/Zhou sulit mengimbangi. Sebab ketika pengembalian mereka tak sempurna, Fajar/Rian sudah siap menggebuk bola dengan smash keras. Fajar/Rian juga memanfaatkan komunikasi He/Zhou yang tidak solid karena merupakan pasangan dadakan  untuk menutup gim pertama 21-12 dalam waktu 16 menit.


Di gim kedua, He/Zhou bermain lebih agresif yang mengejutkan Fajar/Rian. Penempatan bola di sisi yang sulit dijangkau diakhiri dengan smash keras saat bola pengembalian Fajar/Rian tanggung membuat pasangan China ini terus unggul. Namun Fajar/Rian cepat memperbaiki permainan dan kemudian menyamakan kedudukan menjadi 7-7. Sejak ini, kedua pasangan saling kejar mengejar hingga sebuah bola tanggung yang dismash keras membuat Fajar/Rian unggul 11-10 saat interval.


Namun bukan berarti pekerjaan ganda ketiga Indonesia ini lebih mudah. Sebab He/Zhou kemudian tampil solid. Permainan agresif keduanya membuat Fajar/Rian jatuh bangun. He/Zhou kemudian balik memimpin. 


Namun sebuah smash Fajar membuat skor imbang 15-15. Permainan menyerang Fajar/Rian membuat mereka menambah poin 18-17. Dua kali pengembalian ganda China yang menyangkut di net membuat Fajar/Rian unggul 20-17. Namun tinggal butuh satu poin, He/Zhou mendapatkan poin dari lucky shot dan kemudian mendekat 20-19. Namun Fajar/Rian bisa menjaga ketenangan dan mengamankan kemenangan setelah pengembalian oleh He menyangkut di net.    


 


Sumber : republika.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?