Hal-hal Yang Disunnahkan Dalam Shalat Jumat dan Dalilnya _*

Kaum adam atau lelaki memiliki kewajiban melaksanakan shalat jumat secara berjamaah tepat di hari Jum’at. Pada hari yang istimewa tersebut, sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal shaleh. Selain berusaha meraih keutamaan sedekah di hari jumat dalam Islam, ada hal-hal yang disunnahkan dalam shalat jumat yang sangat dianjurkan untuk diamalkan. Terutama bagi kaum laki-laki.

Perintah untuk mengerjakan shalat jum’at ini tertuan dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala berikut ini.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ مِن يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرُُ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui” (QS. Al Jum’ah : 9).

Adapun hal-hal yang disunnahkan telah terangkum di bawah ini.

Sebelum berangkat ke masjid untuk shalat jumat, persiapkanlah diri dengan sebaik mungkin. Sebab kita bukan hanya akan bertemu dengan orang banyak, tetapi lebih dari itu kita akan beribadah pada Allah.

Maka, mandilah hingga bersih dari segala macam kotoran. Ketahuilah bahwasanya mandi sebelum shalat jumat termasuk jenis mandi yang disunnahkan.

Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ تَوَضَّأَ يَوْمَ الجُمُعَةَ فَبِها ونِعْمَتْ، وَمَنِ اغْتَسَلَ فَالْغُسْلُ أَفْضَلُ. رواه الترمذي.

“Siapa yang wudu di hari Jumat, maka dengannya (cukup) dan sebaik-baiknya. Siapa yang yang mandi, maka mandi itu lebih utama.” (H.R. At-Tirmidzi).

Hadis di atas menerangkan bahwa meski berwudhu saja ketika hendak salat Jumat dianggap cukup. Tetapi hal yang lebih utama dan sangat dianjurkan ialah mandi.

  • Memakai Minyak Wangi Atau Parfum

Selain mandi, seorang laki-laki juga dianjurkan untuk memakai minyak wangi atau parfum sebelum pergi menuju shalat jum’at. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau badan dan mencegah diri dari mengganggu orang lain.

Dari Salman Al-Farisi r.a., Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda:

لَا يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ فَلَا يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ الْإِمَامُ إِلَّا غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ الْأُخْرَى. رواه البخاري.

“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, membersihkan diri semampunya, memakai minyak rambut, atau memakai minyak wangi kemudian keluar menuju salat Jumat dengan tidak memisahkan antara dua orang (di tempat duduk mereka di dalam masjid), lalu salat semampunya dan diam ketika imam (khatib) berbicara/berkhutbah kecuali diampuni baginya dosa di antara Jumat itu dengan Jumat lainnya.” (H.R. Al-Bukhari).

Akan lebih baik jika laki-laki memahami hukum memakai parfum bagi laki-laki dalam Islam.

  • Mengenakan Pakaian Terbaik

Pakaian terbaik yang dimaksud bukanlah pakaian yang baru dibeli. Tetapi, pakaian yang baik dalam sudut pandang Islam. Ialah pakaian yang bersih, mampu menutup aurat, tidak menerawang, tidak ketat dan didapatkan dengan cara yang halal dan baik. Ketahuilah cara berpakaian pria menurut Islam.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda,

“من اغتسل يوم الجمعة، ثم لبس أحسن ثيابه، ومس طيباً إن كان عنده، ثم مشى إلى الجمعة وعليه السكينة، ولم يتخط أحداً ولم يؤذه، ثم ركع ما قضي له، ثم انتظر حتى ينصرف الإمام، غفر له ما بين الجمعتين” ؟. رواه احمد.

“Siapa yang mandi di hari Jumat, lalu memakai pakaian terbaiknya, memakai parfum miliknya, kemudian berjalan menuju salat Jumat dengan tenang, tidak melangkahi pundak seseorang dan tidak menyakitinya. Lalu ia ruku’sampai ia menyelesaikannya, menunggu hingga imam selesai, maka diampuni baginya (dosa) antara dua Jumat.” (H.R. Ahmad).

Akan lebih afdal bila ia mengenakan pakaian berwarna putih. Hal ini sebagaimana riwayat Ibnu Abbas r.a., Rasulullah saw. bersabda:

البَسُوا مِنْ ثِيَابِكُمُ البَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ. رواه الترمذي.

“Pakailah pakaian-pakaian (berwarna) putih kalian, karena sungguh pakaian putih itu sebaik-baik pakaian kalian dan kafanilah orang-orang yang meninggal (di antara) kalian dengan itu (kain putih).” (H.R. At-Tirmidzi).

Itulah beberapa hal yang disunnahkan dalam shalat jumat. Sangat penting untuk diketahui oleh lelaki agar dapat mengamalkan amalan sunnah tersebut yang termasuk dalam macam-macam amal shaleh untuk mencari ridha Allah subhanahu wa ta’ala.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?