Harus Bisa Berperan Ganda kalau Mau Melesat _*

VIVA – Konsep Creating Shared Value (CSV) memang belum begitu populer di Indonesia. Kendati demikian, telah ada beberapa perusahaan yang berhasil menjalankannya dengan baik, bahkan berhasil menciptakan nilai ekonomi bersama sekaligus menyelesaikan persoalan sosial yang ada di masyarakat.

Sederhananya, CSV adalah konsep yang mendorong perusahaan memainkan peran ganda, yaitu menciptakan nilai ekonomi (economic value) dan nilai sosial (social value) secara bersama-sama tanpa ada yang harus dikesampingkan.

Menurut Porter dan Kramer (2011), keuntungan yang didapat perusahaan dengan melibatkan nilai bersama (shared value) memungkinkan masyarakat untuk maju dan mendorong perusahaan melesat.

Untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil menjalankan konsep CSV, Tras N Co Indonesia, melakukan proses penilaian terhadap perusahaan yang telah menjalankan CSV.

Kepala Eksekutif Tras N Co, Tri Raharjo, menjelaskan proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap. Pertama, mengumpulkan data perusahaan yang memiliki program sekaligus menjalankan CSV.

Ilustrasi bisnis online.

Berikutnya, CSV Impact Aspect, yaitu menilai kegiatan CSV yang memiliki dampak positif bagi perusahaan, serta berkesinambungan terhadap keberlangsungan bisnis yang bersifat menguntungkan tapi memiliki dampak efisiensi melalui Sustainable Development Goals (SDGs).

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?