Harus Tahu Ini Agar Tak Kecewa dengan Asuransi Seperti Wanda Hamidah _*

VIVA – Pemahaman terkait pre-existing condition asuransi menjadi kian penting setelah hebohnya luapan kekecewaan Artis Wanda Hamidah, terhadap nominal layanan tanggungan asuransi Prudential yang tidak sesuai dengan harapannya.

Pengamat asuransi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Kapler Marpaung menjelaskan, pre-existing condition merupakan kondisi kesehatan yang sudah ada sebelum polis asuransi berlaku. Sehingga bisa membatalkan klaim.

“Biasanya, pre-existing condition ini menjadi pengecualian perlindungan yang diberikan,” kata Kalper dikutip Kamis, 14 Oktober 2021.

Kepler mencontohkan, jika seorang nasabah telah memiliki penyakit jantung bawaan yang sudah di derita sebelum membeli polis asuransi. Lalu saat mengajukan Surat Permohonan Asuransi Jiwa atau Asuransi Kesehatan, penyakit bawaan tersebut tidak disampaikan kepada perusahaan asuransi. 

Maka jika setelah polis berlaku dan ia mengajukan klaim atas penyakit jantungnya, klaim tersebut bisa dibatalkan oleh perusahaan asuransi.

Baca juga: Ngabalin Ditunjuk Jadi Komisaris Independen Subholding Pelindo

Chairman Wealth Management Standard Board Indonesia (WMSBI) ini, menekankan, sejatinya pembatalan klaim akibat dikenakannya klausul pre-existing condition bisa dihindari. Dengan cara memberikan keterangan perihal riwayat kesehatan dan medis si calon nasabah secara terbuka dan transparan.

Sumber : viva.co.id
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?