Hubungan Tulang Manusia Terhadap Keturunan Menurut Alquran Dan Sains _*

ALQURAN dan sains mengungkap kaitan erat antara tulang manusia dengan reproduksi. Jadi, tulang juga berpengaruh terhadap proses dalam berketurunan. Ini sebagaimana dijelaskan dalam buku ‘Sains Dalam Alquran‘ karya Nadiah Thayyarah.

Ayat Alquran menyebutkan bahwa Nabi Zakaria memohon kepada Allah SWT agar diberikan keturunan, walaupun istrinya mandul, dan ia sendiri sudah lemah tulangnya.

Doa nabi Zakaria dalam QS Maryam: 4 tentang keturunan dan kaitannya dengan tulang manusia
Doa nabi Zakaria dalam QS Maryam: 4 tentang keturunan dan kaitannya dengan tulang manusia

BACA JUGA: Hubungan Keluarga ibarat Sendi dan Tulang

Dalam Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an, Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I menjelaskan bahwa ayat tersebut bahwa ketika tulang telah lemah, di mana ia merupakan penopang badan, maka anggota badan yang lain tentu ikut lemah. Sedangkan uban merupakan tanda kelemahan dan ketuaan, utusan maut, pemandunya dan peringatan terhadapnya. Nabi Zakaria bertawassul kepada Allah dengan kelemahan dirinya, dan hal ini termasuk cara bertawassul yang dicintai Allah, karena hal ini menunjukkan sikap berlepas diri dari kemampuan dirinya serta bergantung kepada kekuatan Allah ‘Azza wa Jalla.

Seperti diketahui, Nabi Zakaria baru dikarunia keturunan di usia 100 tahunan, ketika tulangnya telah lemah dan rambutnya sudah ditumbuhi uban. Itu merupakan kondisi dimana seseorang telah sangat tua dan bisa disebut mustahil untuk memiliki keturunan. Namun, atas kuasa Allah, dia diberikan anugerah berupa keturunan.

ilustrasi tulang dan keturunan
Ilustrasi. Foto:
Freepik

Demikianlah kitab suci Alquran mengingatkan adanya hubungan antara tulang dengan produksi anak. Belakangan, ilmu pengetahuan menyatakan bahwa tulang manusia memiliki fungsi-fungsi penting yang menjadi tempat bergantung kehidupan manusia.

Tulang manusia mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor dan kalsium, juga mengatur proses distribusinya dengan cara yang dapat menjaga kestabilan detak jantung dan gerakan otot.

Kemudian tulang manusia memproduksi sel darah merah dan putih sepanjang hidup manusia tanpa henti. Ilmu pengetahuan modern juga mengungkap bahwa keadaan tulang berpengaruh langsung terhadap sistem saraf.

BACA JUGA: Ilmuwan Ungkap Perumpamaan Pohon dan Tulang di Dalam Alquran

Oleh karena itu, tulang manusia berperan langsung pada kemampuan manusia dalam memiliki anak keturunan. Inilah yang dinyatakan Alquran jauh sebelumnya.

Sementara dalam buku Alquran vs Sains Modern Menurut Dr  Zakir Naik‘ karya Ramadhani dan kawan-kawan, dijelaskan bahwa tulang sulbi merupakan tempat keluarnya pembuluh darah yang memberikan darah kepada testis dan ovarium.

Disebutkan juga bahwa pembuluh darah vesticular artery dan ovary artery bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada. Terkait temuan ini, kitab suci Alquran yang diturunkan sekira 14 abad lalu telah menjelaskannya.

QS ath Thariq 5 sampai 7 tentang tulang manusia
QS ath Thariq 5-7

[]

Referensi: Buku Pintar Sains dalam Al-Qur’an/Karya: Nadiah Thayyarah/Penerbit: Serambi Ilmu Semesta/Tahun: 2013

Sumber : islampos.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?