in , ,

Hukum Bersedekah Kepada Non Muslim dan Dalilnya _*

Sedekah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada banyak keutamaan dalam sedekah yang membuat ibadah yang satu ini begitu diutamakan. Sedekah membuat mereka yang membutuhkan menjadi lebih terbantu dan membuat mereka yang memiliki kelebihan menjadi lebih mengerti untuk berbagi.

Banyak orang yang melakukan sedekah untuk membantu sesama Muslim yang membutuhkan. Namun bagaimana hukum bersedekah kepada non muslim atau kafir?

Kita Dianjurkan untuk Tetap Berbuat Baik kepada Non Muslim

Dari Amr bin Syuโ€™aib dari ayahnya, ia berkata:

ุฐูุจูุญุชู’ ุดุงุฉ ู„ุงุจู† ุนู…ุฑูˆ ููŠ ุฃู‡ู„ู‡ ุŒ ูู‚ุงู„ : ุฃู‡ุฏูŠุชู… ู„ุฌุงุฑู†ุง ุงู„ูŠู‡ูˆุฏูŠู‘ ุŸุŒ ู‚ุงู„ูˆุง : ู„ุง ุŒ ู‚ุงู„ : ุงุจุนุซูˆุง ุฅู„ูŠู‡ ู…ู†ู‡ุง ุŒ ูุฅู†ูŠ ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ูŽ ุงู„ู„ู‡ โ€“ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… โ€“ ูŠู‚ูˆู„ : ( ู…ุง ุฒุงู„ ุฌุจุฑูŠู„ ูŠูˆุตูŠู†ูŠ ุจุงู„ุฌุงุฑ ุŒ ุญุชู‰ ุธู†ู†ุช ุฃู†ู‡ ุณูŠูˆุฑูู‘ุซู‡ )

Aku menyembelih kambing untuk Ibnu Umar dan keluarganya. Ibnu Umar berkata: โ€œapakah engkau sudah hadiahkan kambing ini juga kepada tetangga kita yang Yahudi itu?โ€. Mereka berkata: โ€œBelumโ€. Ibnu Umar berkata: โ€œberikan sebagian untuk mereka, karena untuk mendengar Rasulullah Shallallahuโ€™alaihi Wasallam bersabda: โ€˜Jibril senantiasa mewasiatkan aku untuk berbuat baik pada tetangga, hingga hampir aku menyangka tetangga akan mendapatkan harta warisโ€ (HR. Tirmidzi 1943, dishahihkan oleh Syaikh Muqbil bin Hadi Al Wadiโ€™i dalam Shahih Al Musnad 797).

Pada dasarnya tidak ada satu dalil pun yang melarang mengenai hukum bersedekah kepada non muslim. Allah justru selalu memerintahkan kita untuk selalu berbuat kebaikan kepada siapa saja.

Dalil Tentang Berbuat Baik kepada Nonmuslim

Allah berfirman,

ู„ูŽุง ูŠูŽู†ู’ู‡ูŽุงูƒูู…ู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู†ู ุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูู‚ูŽุงุชูู„ููˆูƒูู…ู’ ูููŠ ุงู„ุฏู‘ููŠู†ู ูˆูŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุฎู’ุฑูุฌููˆูƒูู… ู…ู‘ูู† ุฏููŠูŽุงุฑููƒูู…ู’ ุฃูŽู† ุชูŽุจูŽุฑู‘ููˆู‡ูู…ู’ ูˆูŽุชูู‚ู’ุณูุทููˆุง ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ูู…ู’

โ€œAllah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu.โ€ (QS. Al Mumtahanah : 8)

ูˆูŽูŠูุทู’ุนูู…ููˆู†ูŽ ุงู„ุทู‘ูŽุนูŽุงู…ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุญูุจู‘ูู‡ู ู…ูุณู’ูƒููŠู†ู‹ุง ูˆูŽูŠูŽุชููŠู…ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽุณููŠุฑู‹ุง

โ€œDan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan.โ€ (QS. Al Insan : 8)

Dalil tersebut menunjukkan bahwa kita boleh untuk memberikan sedekah pada mereka yang non Muslim. Namun perhatikan kembali ayat tersebut. Ayat tersebut juga menunjukkan bahwa yang boleh kita bantu adalah mereka yang tidak memerangi Islam. Jika mereka adalah orang yang memerangi Islam, maka kita tidak sepatutnya membantu orang tersebut.

Dibolehkan Bersedekah Kepada Non Muslim

Meskipun hukum memberikan sedekah pada non Muslim adalah boleh, namun lebih diutamakan untuk memberikan sedekah pada kerabat terdekat atau sesama Muslim.

An-Nawawi mengatakan,

ูŠุณุชุญุจ ุฃู† ูŠุฎุต ุจุตุฏู‚ุชู‡ ุงู„ุตู„ุญุงุก ูˆุฃู‡ู„ ุงู„ุฎูŠุฑ ูˆุฃู‡ู„ ุงู„ู…ุฑูˆุกุงุช ูˆุงู„ุญุงุฌุงุช ูู„ูˆ ุชุตุฏู‚ ุนู„ู‰ ูุงุณู‚ ุฃูˆ ุนู„ู‰ ูƒุงูุฑ ู…ู† ูŠู‡ูˆุฏูŠ ุฃูˆ ู†ุตุฑุงู†ูŠ ุฃูˆ ู…ุฌูˆุณูŠ ุฌุงุฒ

Dianjurkan agar sedekah itu diberikan kepada orang sholeh, orang yang rajin melakukan kebaikan, menjaga kehormatan dan dia membutuhkan. Namun jika ada orang yang bersedekah kepada orang fasik, atau orang kafir, di kalangan yahudi, nasrani, atau majusi, hukumnya boleh. (al-Majmuโ€™, 6/240).

Ibnul Mundzir mengatakan,

โ€Konsensus para ahli ilmu menyatakan bahwa orang-orang kafir dzimmi tidaklah diberikan kepada mereka sedikit pun dari zakat harta. Sementara mereka berbeda pendapat dalam hal zakat fitrah, Abu Hanifah membolehkannya, dari โ€˜Amr bin Maimun dan selainnya bahwa mereka pernah memberikan bagian darinya kepada rahib (pendeta).

Malik, Laits, Ahmad dan Abu Tsaur mengatakan bahwa mereka tidaklah diberikan. Kemudian Pemilik kitab โ€œal Bayanโ€ memberitakan dari Ibnu Sirin dan Zuhri yang membolehkan pendistribusian zakat kepada orang-orang kafir. (al Majmu juz VI hal 246)

Allah Swt berfirman;

โ€œTidaklah engkau diwajibkan (wahai Muhammad) menjadikan mereka (yang tidak beriman) mendapat petunjuk (kerana kewajipanmu hanya menyampaikan petunjuk), akan tetapi Allah jualah yang memberi petunjuk kepada sesiapa yang dikehendakiNya (menurut peraturan-Nya). Dan apa jua harta yang baik yang kamu belanjakan (pada jalan Allah) maka (pahalanya) adalah untuk diri kamu sendiri dan kamu pula tidaklah mendermakan sesuatu melainkan kerana menuntut keredaan Allah dan apa jua yang kamu dermakan dari harta yang baik, akan disempurnakan (balasan pahalanya) kepada kamu, dan (balasan baik) kamu (itu pula) tidak dikurangkanโ€.ย (Q.S. Al-Baqarah: 272).

Ibnu Katsir menafsirkan ayat di atas bahwa pemberian sedekah boleh kepada siapa saja, baik muslim maupun non muslim, orang soleh atau tidak, tetap mendapat pahala dari Allah Swt. selagi tujuannya mencari keridhaan Allah.

Baik kepada sesama Muslim maupun non Muslim, kita memang harus selalu berbuat baik sebagaimana yang dilakukan oleh Rasul. Allah berfirman,

ู„ู‘ูŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูƒูู…ู’ ูููŠ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุฃูุณู’ูˆูŽุฉูŒ ุญูŽุณูŽู†ูŽุฉูŒ ู„ู‘ูู…ูŽู† ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุฑู’ุฌููˆุง ุงู„ู„ู‡ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽุฎูุฑูŽ ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูƒูŽุซููŠุฑู‹ุง

โ€œSesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat, dan dia banyak menyebut Allah.โ€ (QS. Al-Ahzab [33]: 21).

ู„ู‘ูŽุง ุชูŽุฌูุฏู ู‚ูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูŠูุคู’ู…ูู†ููˆู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ู’ุขุฎูุฑู ูŠููˆูŽุงุฏู‘ููˆู†ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุญูŽุงุฏู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ูˆูŽุฑูŽุณููˆู„ูŽู‡ู ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ููˆุง ุขุจูŽุงุกูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ุฃูŽุจู’ู†ูŽุงุกูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ูŽู‡ูู…ู’ ุฃูŽูˆู’ ุนูŽุดููŠุฑูŽุชูŽู‡ูู…ู’

Kamu tidak akan mendapati satu kaum yang beriman pada Allah dan hari akhirat, saling berkasih-sayang dengan orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-Nya, sekalipun orang-orang yang menentang itu asdalah bapak-bapak, atau anak-anak atau saudara-saudara ataupun keluarga mereka. [al-Mujรขdilah/58: 22]

Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda :

ุงุฑู’ุญูŽู…ููˆุง ู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถู ูŠูŽุฑู’ุญูŽู…ู’ูƒูู…ู’ ู…ูŽู†ู’ ูููŠ ุงู„ุณู‘ูŽู…ูŽุงุกู

Kasihilah orang-orang yang berada di atas bumi, niscaya Dia (Allah) yang berada di atas langit akan mengasihi kamu. [HR. at-Tirmidzi, no. 1924]

Demikianlah pembahasan mengenai hukum bersedekah kepada non muslim dimana kita tetap harus berbuat baik kepada mereka.

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *