Hukum Istri yang Mencintai Laki-laki Lain, Simak Penjelasannya!

Istri hendaknya sudah paham bahwa hal. Mencintai laki-laki lain adalah haram. Dan jika mencintai laki-laki lain untuknya harus segera ditepis secepatnya.

Pada dasarnya, semua pengkhianatan, penyelewengan dan kecurangan dilarang dalam agama kita. Di antara ayat dan hadis yang melarang hal-hal di atas adalah firman Allah:

ูŠูŽุงุฃูŽูŠูู‘ู‡ูŽุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ุขู…ูŽู†ููˆุง ู„ูŽุง ุชูŽุฎููˆู†ููˆุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูˆูŽุงู„ุฑูŽู‘ุณููˆู„ูŽ ูˆูŽุชูŽุฎููˆู†ููˆุง ุฃูŽู…ูŽุงู†ูŽุงุชููƒูู…ู’ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ]

Artinya:ย โ€œHai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.โ€ย (QS. al-Anfal: 27)

Maka dari pendidikan al-quran di jelaskan yang artinya agar engkau semakin Cinta kepada pasanganmu wahai para wanita, tutup matamu jangan jelalatan.

Wanita itu berkata: โ€œItulah dia orang yang kamu cela aku karena tertarik kepadanya. Dan sesungguhnya aku telah menggoda dia untuk menundukkan dirinya kepadaku, akan tetapi dia menolak. Dan sesungguhnya jika dia tidak menaati apa yang aku perintahkan kepadanya, niscaya dia akan dipenjarakan dan dia akan termasuk golongan orang-orang yang hina.โ€ (QS Yusuf: 32).

Dan firman Allah tentang isteri Nabi Nuh as dan isteri Nabi Luth as yang mengkhianati suami mereka masing-masing supaya hal itu tidak dicontoh:

ุถูŽุฑูŽุจูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุซูŽู„ู‹ุง ู„ูู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูƒูŽููŽุฑููˆุง ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽ ู†ููˆุญู ูˆูŽุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุชูŽ ู„ููˆุทู ูƒูŽุงู†ูŽุชูŽุง ุชูŽุญู’ุชูŽ ุนูŽุจู’ุฏูŽูŠู’ู†ู ู…ูู†ู’ ุนูุจูŽุงุฏูู†ูŽุง ุตูŽุงู„ูุญูŽูŠู’ู†ู ููŽุฎูŽุงู†ูŽุชูŽุงู‡ูู…ูŽุง ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุบู’ู†ููŠูŽุง ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง ูˆูŽู‚ููŠู„ูŽ ุงุฏู’ุฎูู„ูŽุง ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑูŽ ู…ูŽุนูŽ ุงู„ุฏูŽู‘ุงุฎูู„ููŠู†ูŽ

Artinya:ย โ€œAllah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): โ€˜Masuklah ke dalam Jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)โ€™.โ€ย (QS. at-Tahrim: 10)

Dengan mencintai laki-laki lain sudah termasuk perbuatan yang rendah sekali sehingga pengabdiannya kepada suami juga kurang. Jika ternyata ada rasa cinta namun sebagai muslimah yang punya iman hendaknya rasa tersebut harus diperangi.

Hadis yang berbunyi:

Alquran telah menceritakan kepada kita kisah seorang perempuan yang mencintai suami orang lain. Dialah kisah Zulaikha, sang istri pembesar Mesir al-Aziz, yang mencintai pembantunya, Yusuf AS. Rasa cintanya mendorongnya melakukan berbagai hal yang memalukan.Diam-diam, Zulaikha berusaha merayu Yusuf agar mau berselingkuh dengannya. Namun, Yusuf selalu menolak. Akhirnya, Zulaikha menarik baju Yusuf dari belakang hingga robek. Pada saat yang sama, datanglah raja Mesir. Takut perbuatan jahatnya diketahui oleh suaminya, Zulaikha menuduh Yusuf akan berbuat tak senonoh kepadanya (QS Yusuf: 25).

Rasa yang ada dalam hati memang tidak ada yang bisa menahannya. Namun jika urusan hati,tidak termasuk perilaku dhohir.

Contohnya dalam madzhab syafiโ€™i:

Kalau ada laki-laki yang cinta dengan perempuan atau sebaliknya, asalkan cinta itu tidak dinodai dengan ke haraman ( tidak mengkhayal, tidak menghubungi, dan tidak lainnya) sampai mati syahid dia. Kata buya mencontohkan

Namun, Allah SWT menunjukkan kejadian yang sesungguhnya. Yusuf berkata:

โ€œDia menggodaku untuk menundukkan diriku (kepadanya).โ€ Dan, seorang saksi dari keluarga wanita itu memberikan kesaksiannya. โ€œJika baju gamisnya koyak dari depan, wanita itu benar dan Yusuf termasuk orang yang berbohong. Dan, jika baju gamisnya koyak di belakang, wanita itulah yang dusta dan Yusuf termasuk orang yang benar.โ€ (QS Yusuf: 26-27).

Dalilnya antara lain firman Allah:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฑูŽุจููˆุง ุงู„ุฒูู‘ู†ูŽุง ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูƒูŽุงู†ูŽ ููŽุงุญูุดูŽุฉู‹ ูˆูŽุณูŽุงุกูŽ ุณูŽุจููŠู„ู‹ุง [ุงู„ุฅุณุฑุขุกุŒ 17: 32]

Artinya:ย โ€œDan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.โ€ย (QS. al-Israaโ€™: 32)

Mendapatkan kondisi tersebut raja mesir itu berkata kepada yusuf agar merahasiakan kejadian itu dan meminta istrinya agar bertobat dan memohon kepada Allah SWT. Untuk menutupi keburukan zulaikha mengundang para isti-istri pembesar mesir untuk melihat ketampanan yusuf.

Mereka sangat terkagum-kagum melihat rupa yusuf yang sangat tampan. Dan tanpa sadar mereka mengiris pergelangan tangan mereka sendiri hingga mengeluarkan darah.

Ada ungkapan rumput sendiri adigum ini terjadi manakala seorang istri lupa bersyukur akan suami yang mendampinginya. Perasaan cinta pun ditumbuh-tumbuhkan karena lelah dan jenuh dengan rumah tangga.

Allah swt telah berfirman dalam QS. an-Nisaโ€™: 34 dan 128:

ุงู„ุฑูู‘ุฌูŽุงู„ู ู‚ูŽูˆูŽู‘ุงู…ููˆู†ูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูู‘ุณูŽุงุกู ุจูู…ูŽุง ููŽุถูŽู‘ู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจูŽุนู’ุถูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽู„ูŽู‰ ุจูŽุนู’ุถู ูˆูŽุจูู…ูŽุง ุฃูŽู†ู’ููŽู‚ููˆุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ููŽุงู„ุตูŽู‘ุงู„ูุญูŽุงุชู ู‚ูŽุงู†ูุชูŽุงุชูŒ ุญูŽุงููุธูŽุงุชูŒ ู„ูู„ู’ุบูŽูŠู’ุจู ุจูู…ูŽุง ุญูŽููุธูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุงู„ู„ูŽู‘ุงุชููŠ ุชูŽุฎูŽุงูููˆู†ูŽ ู†ูุดููˆุฒูŽู‡ูู†ูŽู‘ ููŽุนูุธููˆู‡ูู†ูŽู‘ ูˆูŽุงู‡ู’ุฌูุฑููˆู‡ูู†ูŽู‘ ูููŠ ุงู„ู’ู…ูŽุถูŽุงุฌูุนู ูˆูŽุงุถู’ุฑูุจููˆู‡ูู†ูŽู‘ ููŽุฅูู†ู’ ุฃูŽุทูŽุนู’ู†ูŽูƒูู…ู’ ููŽู„ูŽุง ุชูŽุจู’ุบููˆุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูู†ูŽู‘ ุณูŽุจููŠู„ู‹ุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ุนูŽู„ููŠู‹ู‘ุง ูƒูŽุจููŠุฑู‹ุง [ุงู„ู†ุณุขุกุŒ 4: 34]

Artinya:ย โ€œKaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.โ€ย (QS. an-Nisaโ€™: 34)

Perselingkuhan pun dikhawatirkan sudah menjadi budaya masyarakat perkotaan.Padahal, Allah SWT berfirman mengenai akad nikah antara suami dan istri dengan bahasa perjanjian atau komitmen:

โ€œDan mereka (istri-istrimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.โ€ (QS an-Nisa: 21).

Saleh al-Fauzan dalam Fikih Sehari-hari menjelaskan bahwa definisi perjanjian yang kuat adalah akad yang mewajibkan kedua belah pihak, yakni suami istri untuk saling menepati janji. Tentunya sesuai dengan apa yang disyariatkan Allah SWT. Karena itu, dalam surah lain Allah berfirman. โ€œHai orang-orang yang beriman penuhilah janji-janji kalian.โ€ (QS: al-Maidah: 1).

ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ูŠ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: ุฃูŽู„ุงูŽ ู„ุงูŽ ูŠูŽุฎู’ู„ููˆู’ู†ูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุจูุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ุฅูู„ุงูŽู‘ ูƒูŽุงู†ูŽ ุซูŽุงู„ูุซูู‡ูู…ูŽุง ุงู„ุดูŽู‘ูŠู’ุทูŽุงู†ูŽ. [ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ูˆุงุจู† ุญุจุงู†]

Artinya:ย โ€œRasulullah -Shallallahu โ€˜alayhi wa sallam- bersabda: โ€˜Ingatlah, janganlah seorang laki-laki berdua-duaan dengan seorang perempuan melainkan setan adalah pihak ketiga merekaโ€™.โ€ย (HR. at-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Sumber : Dalamislam.com
Hukum Istri yang Mencintai Laki-laki Lain, Simak Penjelasannya!
Alhamdulillah Allohumma Sholli โ€˜Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahlihi Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi โ€˜adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata โ€˜arsyihi wa midada kalimatihi.

Report

What do you think?

Written by dalamislam