in , ,

Hukum Membaca Hamdalah Setelah Sholat dan Dalilnya _*

Shalat merupakan salah satu rukun Islam dan kewajiban seorang Muslim. Perintah untuk shalat wajib atau shalat fardhu sebanyak lima kali dalam sehari wajib dikerjakan. Sedangkan shalat sunnat merupakan pelengkap jikalau terdapat kekurangan dalam ibadah kita. Perintah shalat sendiri telah disebutkan berkali-kali dalam Alquran yang menjadi penegas bahwa shalat memang wajib dilakukan.

Dalam surah Al Baqarah ayat 45, Allah berfirman,

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

Artinya : ”Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’”. (QS. Al Baqoroh : 45)

Begitu pula dalam ayat lainnya,

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ – 29:45

Artinya : “Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (shalat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. ( Q. S. Al-‘Ankabut 45 )

Allah berfirman, “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (Q. S. Al-Baqarah ayat 110)

Allah kembali berfirman, “Dan kerjakanlah sholat, berikanlah zakat, dan taat kepada Rasul, agar supaya kalian semua diberi rahmat.” (Q. S. An-Nuur ayat 56)

Baca juga :

Bahkan Allah juga memberikan ancaman kepada orang yang meninggalkan shalat.

Allah berfirman, “Pada hari betis disingkapkandan mereka dipanggil untuk bersujud, maka mereka tidak kuasa, (dalam keadaan) pandangan mereka tunduk ke bawah, lagi mereka diliputi kehinaan. Dan sesungguhnya mereka dahulu (di dunia) diseru untuk bersujud, dan mereka dalam keadaan sejahtera.” (Q.S. Al Qalam : 43)

Allah berfirman, “Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya, kecuali golongan kanan, berada di dalam surga, mereka tanya menanya, tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, “Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?” Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian”.” (QS. Al Mudatstsir : 38-47)

Setelah shalat, terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan. Salah satu amalan yang sering kita lihat adalah membaca hamdalah sambil mengusap wajah.

Amalan seperti ini sebenarnya tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah sehingga tidak perlu dilakukan, apalagi jika melakukannya setiap selesai shalat. Amalan yang dianjurkan Rasulullah setiap selesai shalat adalah berdzikir.

Dzikir yang diajarkan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam seusai shalat adalah memperbanyak membaca istighfar.

Baca juga :

Tsauban Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, “Setiap kali Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat, beliau beristighfar 3 kali, lalu membaca:

Sumber : dalamislam.com

Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GIPHY App Key not set. Please check settings