in ,

Ilmuwan di China Buat Kaca Sekeras Berlian, Bisa Jadi Senjata _*

Jakarta, CNN Indonesia —

Tim peneliti di China mengembangkan bahan kaca terkeras di dunia yang mampu dengan mudah meninggalkan goresan dalam pada permukaan berlian. Kaca tersebut untuk sementara diberi nama AM-III.

Dalam sebuah artikel penelitian pra-cetak, para ilmuwan yang berasal dari China, Amerika Serikat (AS), Swedia, Jerman, dan Rusia merinci apa yang mereka sebut sebagai karbon sintetis “ultrahard, ultrastrong, semikonduktor”.

Tim tersebut mengatakan bahan yang dikenal sebagai bahan amorf (AM) atau yang disebut sebagai ‘kaca’ itu adalah yang paling sulit dari jenisnya yang pernah ditemukan. Pra-cetak artikel tersebut tersedia secara online dan diterbitkan di jurnal National Science Review pada Kamis (5/8).

Para peneliti menciptakan bahan kaca tersebut dengan menghancurkan molekul karbon yang dikenal sebagai buckminsterfullerene, atau C60, pada tekanan tinggi dan memaparkannya pada suhu yang sangat tinggi juga.

Sampel C60 diambil dan diletakkan di bawah tekanan 25 gigapascals (GPa). Ini sama dengan lebih dari 246.000 kali lebih banyak tekanan daripada tekanan atmosfer standar. Kemudian, sampel dipanaskan hingga lebih dari 1.000 derajat Celcius.

Pada tonggak suhu 1.000, 1.100, dan 1.200, tiga kategori material yang berbeda diciptakan, disebut AM-I, AM-II, dan AM-III.

Dilansir dari Newsweek, bahan ketiga ini, AM-III, memiliki kekerasan tertinggi sekitar 113 GPa, diukur menggunakan metode kekerasan Vickers. Para ilmuwan mengatakan bahwa bidang berlian kristal tunggal alami memiliki kekerasan sekitar 62 GPa sebagai perbandingan.

Menurut para peneliti, bahan kaca tidak terlihat semenarik perhiasan, tetapi memiliki beberapa aplikasi luas di industri teknologi tinggi. Jika dijadikan sebagai bahan kaca anti peluru, AM-III memiliki kekuatan 20 sampai 100 kali lebih keras daripada produk utama yang saat ini digunakan.


Butuh 24 Jam untuk Memanaskan dan Membuat Kembali Dingin


BACA HALAMAN BERIKUTNYA




Sumber : cnnindonesia.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihi ‘adada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?

Written by jumat berkah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *