Ini 3 Menu Sarapan Sehat yang Dianjurkan Dokter _*

VIVA – Masyarakat Indonesia biasanya memiliki rutinitas mengonsumsi sarapan dengan membeli makanan khas yang dijajakan di sekitar lingkungannya. Sebut saja, bubur ayam dan nasi uduk dengan porsi melimpah namun harga terjangkau.

Siapa sangka, kedua jenis sarapan itu tak dianjurkan oleh dokter spesialis gizi klinis, dr Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK. Sebab menurutnya, menu tersebut cenderung memiliki indeks glikemik yang tinggi.

“Bubur ayam, nasi uduk, nasi goreng termasuk indeks glikemik tinggi dan mudah dicerna sehingga cenderung mudah lapar usai mengonsumsinya,” ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, baru-baru ini.

Menu-menu itu cenderung meningkatkan gula darah dengan tinggi dan langsung turun drastis selang beberapa jam. Tak heran, selain membuat rasa lapar kembali, makanan tersebut memicu kantuk.

“Apalagi cenderung menambah gorengan di mana artinya menambah asupan kalori berlebihan di lagi hari. Tentunya akan menyebabkan peningkatan berat badan dan berisiko obesitas,” imbuhnya.

Untuk itu, dokter Feni menganjurkan sarapan dengan jenis karbohidrat kompleks dan rendah lemak. Apa saja? Simak ulasan berikut ya.

1. Smoothies

Sumber : viva.co.id
Featured Image : unsplash.com
Alhamdulillah Allohumma Sholli ‘Ala Nabiyina Muhammad Wa Ahli Wa Ashhabihi Wa Ummatihi. Subhanallah wa bihamdihiadada khalqihi wa ridha nafsihi wa zinata ‘arsyihi wa midada kalimatihi. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, insya Alloh jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin

Report

What do you think?